Ponorogo

Mapil Curiga Bawaslu Diintervensi

Diduga Tidak Memproses Laporan Perusakan APK

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ponorogo dicurigai. Masyarakat Peduli Pilkada (Mapil) menuding lembaga tersebut diintervensi salah satu pasangan calon (paslon) kontestan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Ponorogo. ‘’Ada laporan tidak diproses,’’ kata Agung Mukti Prayitno, aktivis Mapil, Senin (2/11).

Puluhan massa Mapil berunjuk rasa di depan sekretariat Bawaslu Jalan Trunojoyo mulai pukul 09.00. Mereka berorasi dan membentangkan poster berisi protes. Tudingan Mapil mengarah pada penanganan laporan alat peraga kampanye (APK) paslon yang diduga dirusak pendukung paslon lain. ‘’Seharusnya Bawaslu memanggil kandidat bersangkutan. Dicek, ada pelanggaran atau tidak,’’ sergahnya.

Mapil, lanjut Agung, mendukung kinerja Bawaslu. Namun, lembaga pengawas pesta demokrasi itu harus netral. Tidak memihak siapa pun dalam Pilkada Ponorogo. Dia minta Bawaslu mengawal dari awal sampai akhir penuh integritas. ‘’Bawaslu tidak boleh takut diintervensi pihak mana pun,’’ tegasnya.

Usai berorasi, perwakilan Mapil beraudiensi dengan Ketua Bawaslu Ponorogo Muhammad Syaifulloh dan sejumlah anggotanya. Agung mempertanyakan nasib laporan perusakan APK. ‘’Setiap laporan harus dicek kebenarannya. Kalau tidak benar, tidak perlu ditindaklanjuti,’’ sebutnya.

Syaifulloh mengklaim Bawaslu bebas dari intervensi pihak mana pun. Pihaknya bekerja secara netral, profesional, dan independen. Mereka tegas memutus laporan terkait pilkada. ‘’Kami tidak pernah diintervensi. Termasuk dari paslon mana pun. Kami bekerja sesuai ketentuan yang ada,’’ tegasnya.

Mengenai laporan perusakan APK, Syaifulloh mengklaim telah menindaklanjuti sesuai mekanisme. Pihaknya tidak pandang bulu memproses laporan dugaan pelanggaran pilkada. ‘’Semua kami tangani sesuai aturan. Kami selalu mengkaji kecukupan formil dan materiil sebelum melakukan penyelidikan dan penyidikan,’’ bebernya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button