Madiun

Malioboro Jilid Tiga

Pedestrian Pahlawan Tahap III Ditarget Lima Bulan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Lanjutan penataan pedestrian ala Malioboro tahap III segera terlaksana. PT Rajawali Raya Indonesia dijadwalkan menandatangani kontrak proyek senilai Rp 6,6 miliar itu pekan ini.

Setelah merampungkan jalur pedestrian Pahlawan di sisi selatan hingga simpang empat Tugu, pembangunan tahap III ini bakal menyasar pekerjaan serupa di sisi timur mulai perempatan Tugu Pecel ke utara hingga Mapolres Madiun Kota.

Sejalan dengan Pahlawan Street Center (PSC), penataan jalur pedestrian terintegrasi ke destinasi wisata dan pusat perbelanjaan di sepanjang jalur metropolitannya Kota Madiun. ‘’Jalan Pahlawan ini cukup panjang. Saya ingin bisa dinikmati masyarakat dari ujung utara sampai selatan. Tidak berkumpul di titik tengahnya saja,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun Suwarno menguraikan, pembangunan pedestrian paket III merupakan lanjutan dari pekerjaan sebelumnya di depan balai kota (paket I) dan sepanjang trotoar hingga perempatan Tugu (paket II). ‘’Sekarang ini memasuki paket pekerjaan pedestrian yang memanjang sampai mapolres,’’ terangnya.

Suwarno memperkirakan pekerjaan paket III ini dimulai bulan ini. Menantikan proses penebangan pohon ayoman tepi jalan oleh dinas perumahan dan kawasan pemukiman (disperkim). Tender lelang dengan nilai pagu Rp 8 miliar itu diikuti 74 peserta dan dimenangkan PT Rajawali Raya Indonesia pada 20 Juli lalu. ‘’Pekerjaan fisik ditarget selesai Desember,’’ lanjutnya.

Diproyeksikan, jalur pedestrian menjadi jujukan warga setempat maupun luar kota. Penumpang kereta api sekeluarnya dari stasiun bisa langsung jalan-jalan hingga balai kota sampai Perempatan Tugu. Pedestrian juga bakal dilengkapi fasilitas tambahan untuk memenuhi aspek estetika. Mulai kursi, taman, lampu, hingga beberapa ornamen artistik lainnya. ‘’Juga dilengkapi fasilitas untuk disabilitas,’’ paparnya.

Jalur pedestrian membentang sepanjang 600 meter mulai Perempatan Pecel hingga Mapolres Madiun Kota. Dengan lebar rata-rata 5 meter. Selain memprioritaskan ukuran, juga memperhatikan material yang digunakan. Lantai trotoar tidak menggunakan keramik melainkan granit. ‘’Nanti pedestrian dipasangi bollard berbentuk L untuk mengantisipasi pemotor yang nekat melintasi saat menghindari kemacetan,’’ tuturnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close