KriminalitasPacitan

Maling Kuras Isi Kotak Amal Masjid

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Lagi-lagi kotak amal dicuri. Kali ini, Masjid Nurul Iman di Lingkungan Ngampel, Desa Ploso, Pacitan, yang disatroni si panjang tangan. Sebelumnya, aksi serupa terjadi dua pekan lalu di masjid yang sama.

Kala itu, warga mengetahui adanya pencurian setelah mendapati kotak amal berpindah dari tempat semula. Setelah dicek, isinya sudah kosong melompong.  Jamaah lantas sengaja merantainya ke tiang.

Namun, si pencuri tidak kurang akal. Kamis (13/2) pelaku berhasil membawa kabur duit sekitar Rp 400 ribu di dalamnya setelah merusak engsel dan gembok. ‘’Perkiraan di atas pukul 24.00,’’ kata Suyono, marbot Masjid Nurul Iman.

Dia menuturkan, pencurian itu kali pertama diketahui Wahidin, salah seorang jamaah, saat hendak memasukkan uang ke dalam kotak amal sekitar pukul 04.00. Mendapati gembok raib dan engsel rusak, pria itu berinisiatif membukanya. ‘’Ternyata hanya tersisa beberapa uang koin,’’ imbuh Suyono.

Dia menduga pelaku melancarkan aksinya saat kondisi masjid sedang sepi. Sebab, lokasi masjid berada di kawasan yang terbilang ramai dan dekat jalan raya serta rumah kos. ‘’Mungkin perlu dipasang CCTV untuk antisipasi,’’ ujarnya.

Peristiwa serupa terjadi Senin lalu (10/2). Kotak amal Musala Baitur Rasyidin di Dusun Mendole, Desa Sirnoboyo, Pacitan, raib beserta isinya. Kemarin pagi, kotak amal itu ditemukan di selatan jembatan dusun setempat oleh seorang warga yang tengah mencari kayu bakar. ‘’Dari sini berjarak sekitar 30 meter. Ditaruh di sela rerimbunan pohon pisang,’’ ungkap Anhar, takmir Musala Baitur Rasyidin. (mg2/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close