Madiun

Malam Bebas Kendaraan di Kota Madiun

Keramaian Dipusatkan Alun-Alun, Pahlawan, Taman Bantaran

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Perayaan malam pergantian tahun di Kota Madiun dipusatkan di tiga titik. Yakni, di depan balai kota, alun-alun Kota Madiun, dan Taman Bantaran. Di area itu bakal digelar car free night mulai pukul 17.00 Selasa (31/12).

Sejumlah kawasan disterilkan untuk car free night. Utamanya di sepanjang Jalan Pahlawan. Kendaraan yang melintas dari arah utara bakal diberhentikan di Mapolres Kota Madiun. Dari Jalan Ahmad Yani bakal dibuang ke utara. ‘’Kami usahakan steril agar masyarakat dapat menikmati tahun baru dengan nyaman,’’ kata Kasatlantas Polres Kota Madiun AKP Budi Cahyono.

Titik kedua di alun-alun Kota Madiun. Beberapa ruas jalan yang menuju titik tersebut bakal ditutup. Seperti Jalan Semeru dan Jalan Kolonel Mahardi dari arah barat. Tidak menutup kemungkinan Jalan H Agus Salim bakal ditutup secara tentatif. Rencananya ruas itu juga dijadikan kantong parkir yang menuju alun-alun Kota Madiun. ‘’Secara keseluruhan akan ditutup serentak untuk kegiatan tahun baru,’’ ujarnya.

Taman Bantaran (sepanjang Jalan Ahmad Yani) menjadi titik ketiga yang bakal disterilkan. Sepanjang ruas jalan itu juga dijadikan kantong parkir. Baik yang hendak merayakan tahun baru di Taman Bantaran, depan balai kota, maupun alun-alun. ‘’Dari arah barat nanti juga direkayasa,’’ imbuh kasatlantas.

Kendaraan dari arah Jiwan yang hendak menuju Ponorogo bakal dialihkan. Dilewatkan Jalan Mayjend Sungkono. Di titik itu bakal diterapkan one way hingga perempatan Sleko. ‘’Kami sudah terapkan perubahan arus di beberapa titik,’’ sambungnya.

Minggu (29/12) perubahan arus di dua titik telah diberlakukan. Jalan Perintis Kemerdekaan yang semula satu arah dari timur dibalik menjadi satu arah dari barat (Jalan Pahlawan) ke timur menuju Jalan dr Sutomo. Jalan Sulawesi yang semula satu arah dari timur diubah searah dari barat (Jalan Pahlawan) ke arah timur Jalan dr Sutomo. ‘’Semua kendaraan akan dilewatkan Jalan Jawa apabila ingin ke Jalan Pahlawan,’’ paparnya.

Berbagai upaya rekayasa itu belum menjamin dapat mengurai kepadatan arus. Dengan perubahan itu justru kendaraan dibuang ke Jalan dr Sutomo. Padahal, titik tersebut diprediksi menjadi titik rawan macet. ‘’Kami tempatkan personel di beberapa titik itu yang memang di situ kami petakan rawan macet,’’ ungkapnya.

Titik rawan macet lain yang bakal membuat sibuk petugas diperkirakan terjadi di perlintasan Sukosari (Jalan Basuki Rahmat). Karena itu, pihaknya menggeser personel di Pospam Sun City. Agar dapat mengurai kemacetan di malam tahun baru. ‘’Ada personel dari dishub, satpol PP, TNI, dan petugas kesehatan yang siap siaga di pos yang kami sediakan,’’ tuturnya sembari menyebut contraflow juga bakal diterapkan untuk membantu mengurai kemacetan.

Jika tak ingin berurusan dengan polisi di malam tahun baru nanti, sebaiknya tak mengendarai motor berknalpot brong. Berbagai bentuk konvoi tidak diperbolehkan.‘’Tidak ada kata ampun. Akan kami tindak tegas,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)  

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close