Madiun

Mal Tutup Jam 8 Malam

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Laju kasus Covid-19 yang sulit direm membuat Pemkot Madiun harus mengambil langkah tegas. Pembatasan aktivitas masyarakat makin diperketat. Tidak terkecuali sektor usaha. Operasional pusat perbelanjaan atau mal wajib tutup maksimal pukul 20.00.

Tidak itu saja, jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas. Pun, diikuti skrining ketat di pintu masuk mal. ‘’Kami di bawah naungan Lippo Mall juga menerapkan kebijakan tutup pukul 20.00. Kami terapkan kebijakan pusat sekaligus instruksi pemerintah pusat,’’ kata Marketing Communication Manager Plaza Madiun Aan Tri Ayuni, Jumat (25/6).

Selain memperketat protokol kesehatan (prokes), pihaknya juga melakukan pengawasan ketat internal karyawan. Bagi yang terindikasi bergejala klinis mirip Covid-19 wajib istirahat di rumah. Karyawan yang abai prokes juga kena tegur. ‘’Meriang saja kita larang masuk. Ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,’’ ujarnya.

Aan menyebutkan, seluruh karyawannya telah mendapat suntikan vaksin pertama. Mereka tinggal vaksinasi kedua. Kecuali beberapa yang tidak diizinkan atau tidak lolos skrining seperti sedang hamil. ‘’Vaksinasi karyawan juga bagian bentuk pelayanan kepada pengunjung,’’ tuturnya.

Terpisah, Wali Kota Madiun Maidi mengatakan perlunya mengambil langkah antisipasi. Salah satunya membatasi operasional mal. Itu juga berlaku bagi aktivitas masyarakat di tempat umum mulai pukul 05.00-20.00. Hal itu seiring perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. ‘’Mohon maaf kami perketat. Karena kasus Covid-19 naik, jam aktivitas dikurangi untuk menekan kerumunan,’’ ujar Maidi.

Kebijakan itu termaktub dalam Instruksi Wali Kota Madiun 14/2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro. Berlaku mulai 22 Juni hingga 5 Juli mendatang. Semula aktivitas masyarakat di fasilitas umum hingga pukul 21.00, kali ini hanya sampai pukul 20.00. ‘’Kalau aktivitas turun, orang segera di rumah, tidak ketemu sama yang lain,’’ lanjutnya.

Pembatasan juga berlaku untuk operasional bioskop, tempat hiburan malam (THM), warnet/game online, maupun kegiatan seni, sosial, dan budaya yang dapat menimbulkan kerumunan. Maidi minta masyarakat segera istirahat pukul 19.00 untuk menjaga imunitas. ‘’Orang yang kena Covid-19 itu imunnya drop, prokesnya terlena. Ini yang jadi masalah. Kami tidak ingin setelah kejadian baru direm. Justru ini direm dari awal,’’ pungkasnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button