Ngawi

Makam di Desa Semen Rusak Diterjang Banjir

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Peristiwa tidak biasa terjadi di Dusun Ngreco, Semen, Paron, Ngawi. Puluhan makam di tempat pemakaman umum (TPU) desa setempat rusak akibat diterjang banjir Minggu malam (8/8).

Banjir menerjang menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan itu selama tiga jam sejak selepas magrib. Sebelumnya, peristiwa serupa pernah terjadi dua dasawarsa silam. ‘’Pernah terjadi 20 tahun lalu sebelum menjadi pemakaman desa,’’ kata Santoso, warga setempat, Selasa (10/8).

Kerusakan makam yang lokasinya di dekat Sungai Semen itu bervariasi. Sejumlah kijing posisinya acak-acakan. Ada yang miring dan bergeser dari tempatnya. Kondisi lebih parah pada makam baru. Timbunan tanahnya tersapu banjir hingga menimbulkan cekungan pada liang lahatnya. Sedangkan makam yang telah dikeramik dan dicor mampu bertahan dari genangan air. ‘’Cuma kotor karena tersangkut akar pohon dan rumput,’’ ujarnya.

Santoso mengungkapkan, kerusakan makam kali pertama diketahui oleh warga yang tinggal di samping TPU. Kondisi kijing berantakan mulai terlihat ketika air surut pukul 22.00. ‘’Paginya warga kerja bakti merapikan makam,’’ terangnya. (odi/c1/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button