Ngawi

Makam Adipati Kertonegoro Dirusak

Polisi Bantah Isu Ada Pencurian Kerangka

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Di tengah pandemi Covid-19, warga Desa/Kecamatan Sine dihebohkan dengan aksi perusakan makam Adipati Kertonegoro. Saat ini polisi masih mendalami motif pelaku merusak makam di Gunung Tangis desa setempat itu.

Kapolsek Sine Iptu M. Farid Suharta mengungkapkan, pihaknya mendapat laporan perusakan tersebut dari juru kunci makam pada Minggu lalu (26/4). Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) tidak ditemukan adanya barang di sekitar area makam yang hilang.

Petugas hanya mendapati sejumlah batu nisan dibuang ke sebelah timur makam. ‘’Dari hasil penyelidikan masih belum diketahui motif pelaku. Dugaan sementara, motif pelaku murni ingin melakukan perusakan,’’ ujar Farid Senin (27/4).

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, sempat terlihat seseorang diduga mengalami gangguan jiwa berada di sekitar TKP sebelum diketahui adanya aksi perusakan. ‘’Sampai saat ini kasus tersebut masih dalam proses penyidikan,’’ tuturnya sembari menyebut pelaku juga merusak sejumlah makam lainnya.

Pihaknya membatah isu yang beredar terkait adanya kerangka yang hilang. ‘’Isu yang sempat beredar di masyarakat ada pembongkaran makam. Tapi, hasil penyelidikan itu tidak benar. Hanya batu nisan yang dirusak oleh pelaku,’’ bebernya.

Farid menambahkan, makam tersebut dipercaya sebagai tempat disemayamkannya bupati Ngawi yang menjabat pada 1834-1837 di masa penjajahan Belanda. ‘’Beliau juga disebut sebagai tokoh yang melawan VOC (Vereenigde Oostindisce Compagnie, Red) dan konon yang babad alas Kadipaten Gendingan,’’ pungkasnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close