AdvertorialMadiun

Maidi Ingin Kwarcab Madiun Adopsi EJGSI

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Perhelatan East Java Green Scout Innovation (EJGSI) 2020 di Kota Madiun tidak kalah seru ketimbang daerah lain. Kegiatan kerelawanan pramuka zona II itu dibuka di Jalan Sendang Barat, Kelurahan/Kecamatan Kartoharjo pada Rabu lalu (16/9).
Wali Kota Madiun Maidi mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kwarda Jatim dan didukung pemprov dan Komisi E DPRD Jatim tersebut. ‘’Kegiatan seperti ini akan saya tindak lanjuti di Kota Madiun. Karena dampaknya sangat baik untuk pembentukan karakter anak muda,’’ kata Maidi.

Ketua Mabicab Kota Madiun itu menambahkan, EJGSI 2020 merupakan bagian implementasi dari kegiatan pramuka yang di dalamnya mengandung dasa dharma dan nilai budi pekerti. Seperti patriotisme, disiplin, serta memiliki rasa peduli terhadap sesama. ‘’Nilai-nilai yang terkandung pada dasa dharma dapat menjadi pedoman untuk membina pembentukan karakter,’’ terang Maidi.

Seperti diketahui, EJGSI 2020 bakal melibatkan sekitar 1.100 anggota penegak dan pandega pramuka di 11 zona kabupaten/kota se-Jatim. Dengan demikian, masing-masing zona ada sebanyak 100 penegak dan pandega pramuka yang terlibat.

Jumlah peserta itu sudah dibatasi. Karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Meski demikian, peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan ketat. Seperti mengenakan masker dan face shield, mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang disiapkan panitia, hingga pemeriksaan suhu tubuh. ‘’Protokol kesehatan ini menjadi catatan penting saat kondisi seperti ini,’’ imbuh Maidi.

Selama kegiatan berlangsung, peserta sangat antusias. Ada beberapa kegiatan yang akan mereka ikuti selama tiga hari ke depan. Mulai renovasi sembilan rumah tidak layak huni (RTLH); pembangunan gapura; penataan dan pembersihan lingkungan; serta pembagian bahan sembako berikut alat pelindung diri (APD) berupa masker, face shield, dan hand sanitizer kepada masyarakat.

Sementara penutupan EJGSI digelar di Bumi Perkemahan Rowo Bening PDAM Kota Madiun pada Kamis (17/9). Maidi memberikan apresiasi penuh atas tergelarnya kegiatan EJGSI 2020 di Kota Madiun. ‘’Saya berharap konsep EJGSI ini dapat diadopsi oleh Kwarcab Madiun agar kegiatan pramuka yang bernuansa pengabdian kepada masyarakat ini terus dibina dan ditindaklanjuti,’’ terangnya. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close