Madiun

Maidi Gagas Mural di Tiap Kecamatan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pemandangan di tanggul Kali Bantaran Madiun yang berada di Jalan Ahmad Yani kini berbeda. Ada banyak karya mural yang menghiasi temboknya. Gambar yang sarat pesan moral itu dibuat sejak Kamis lalu (1/8).

Minggu (4/8) pengendara yang melintas sudah bisa melihat gambar secara utuh di tanggul tersebut. Lomba mural yang digelar Pemkot Madiun bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Madiun itu rampung sore ini.

Nah, pemandangan semacam itu bakal diterapkan di setiap kecamatan oleh pemkot tahun depan. Dengan maksud sebagai wadah kreativitas anak muda. Sekaligus bentuk pencegahan aksi vandalisme.

’’Ketika saya lihat potensi anak muda itu dikeluarkan, ternyata hasilnya luar biasa. Melihat kondisi ini, para anak muda itu nantinya akan saya berlakukan zonasi (kecamatan). Mereka bisa berkreasi di tembok-tembok yang nanti selanjutnya akan kami lombakan bersama Radar Madiun,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi Jumat (2/8).

Maidi sudah memastikan menggandeng Jawa Pos Radar Madiun dalam pelaksanaan event lomba mural. Sebab, pada gelaran perdana di Kota Pendekar, hasilnya sudah bagus dan layak. Dua hari dia terus memantau karya-karya seniman mural. ‘’Dengan lomba-lomba seperti ini, pemkot sudah mewadahi para peseni. Sehingga, mereka mempunyai tempat untuk berkreasi,’’ ujar mantan sekda Kota Madiun tersebut.

Maidi menambahkan, kegiatan tersebut bisa berfungsi dua arah. Pertama, kegiatan para seniman mural akan lebih terarah. Kemudian, karya mereka bisa dinikmati umum. Bukan sekadar dinikmati oleh mereka yang masuk dalam komunitas. Sebab, lokasi itu merupakan tempat wisata yang akan didatangi banyak orang. ‘’Ujungnya mereka akan kami berikan workshop supaya karyanya diakui secara luas,’’ tuturnya.

Lomba mural merupakan rangkaian dari pelaksanaan Madiun Street Activity 2019. Sesuai jadwal, Sabtu hari ini (3/8) bakal digelar acoustic competition untuk kategori pelajar. Ikut dihadirkan guest star di acara tersebut. Event Madiun Street Activity 2019 bakal berakhir Minggu (4/8). Pada hari terakhir itu digelar pembukaan Sunday Market di Taman Lalu Lintas Bantaran. (her/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close