Madiun

Maidi Buka Keran Kerja Sama dengan AS

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Peluang kerja sama dengan Amerika Serikat (AS) semakin terbuka. Itu setelah kedatangan Andrew Kelly, kepala bagian politik dan ekonomi Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, saat menyambangi Kota Madiun Selasa (27/8). Kedatangan perwakilan negeri Paman Sam itu disambut hangat Wali Kota Madiun Maidi di Balai Kota Madiun.

Kedatangan Andrew Kelly utamanya melihat perkembangan politik dan perekonomian Kota Pendekar. Dalam bidang politik, pihaknya memastikan tidak ada gejolak di tubuh masyarakat pasca-Pemilu 2019. ’’Utamanya tentang perkembangan politik dan perekonomian Kota Madiun,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi.

Dalam pertemuan itu, wakil Amerika tersebut tak henti-hentinya menyampaikan kekaguman terhadap Kota Madiun. Menurutnya, Kota Madiun merupakan kota kecil yang indah dan menjadi tumpuan dari wilayah sekitarnya. Karena itu, menurutnya perekonomian di Kota Madiun cukup baik. ’’Ada penawaran juga tadi,’’ lanjut Maidi.

Perwakilan AS juga menawarkan kerja sama pengiriman delegasi dari kota setempat. Dikirim ke Amerika untuk belajar banyak hal tentang negeri Paman Sam. Kendati demikian, dalam kesempatan itu belum ada kata sepakat soal jadwal pengiriman delegasi tersebut. ‘’Topik dan judul sudah ditawarkan dan cukup menarik,’’ ungkapnya.

Pihaknya belum mengetahui secara pasti delegasi yang bakal diberangkatkan tersebut. Bisa jadi dari karang taruna, aparatur sipil negara (ASN), atau kalangan pengusaha. Maidi menyebut bahwa hal itu memiliki nilai positif. ’’Banyak hal yang bisa dipelajari di sana. Baik tentang ilmu pengetahuan, budaya, maupun tradisi masyarakat. Serta perekonomian di negara maju itu,’’ sambung Maidi.

Meskipun sebenarnya pemkot telah memiliki program khusus pertukaran pelajar yang dijalankan setahun belakangan, pihaknya tetap mendukung kerja sama tersebut. Apalagi hal itu diharapkan dapat membuka keran kerja sama di berbagai bidang untuk kemajuan Kota Madiun. ‘’Kami juga kenalkan pencak silat ke beliaunya,’’ tuturnya.

Konsulat Amerika itu juga menunjukkan kekagumannya dengan pencak silat Kota Madiun yang telah mendunia. Bahwa, Kota Pendekar merupakan gudangnya budaya warisan leluhur dan pusatnya pencak silat di seluruh dunia. Apalagi para pendekar juga bakal diwisuda bertepatan dengan 1 Muharam mendatang. ’’Jika ada permintaan dipentaskan di sana, kami siap mengirimkan pendekar. Tentu yang berprestasi dan profesional yang kami pilih,’’ imbuhnya.

Andrew juga menyampaikan kekagumannya dengan pecel khas Kota Madiun. Rupanya pecel merupakan makanan khas favoritnya. Sensasi pedas sambal pecel membuatnya ketagihan. ’’Katanya ketagihan setelah makan pecel Madiun. Beliau juga menyampaikan bahwa di kota ini ada makanan tradisional dan internasional, tapi yang paling disukai ya pecel itu,’’ ucapnya. (kid/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close