Advertorial

Mahasiswa Unipma Sambangi Kasreman, Tulari Ilmu Pembuatan Sirup Rempah

NGAWI, Jawa Pos Radar Madiun –  Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan bagi mahasiswa Univesitas PGRI Madiun (Unipma) terjun ke tengah masyarakat. Ini dibuktikan dengan kehadiran kelompok 42 tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Desa Kasreman, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi. 19 mahasiswa ini menjalani Bhakti Negeri di lokasi tersebut hampir dua bulan. ‘’Kami mengajari masyarakat desa setempat pembuatan sirup rempah. Minuman ini bermanfaat untuk menambah daya imun saat pandemi seperti ini,’’ ujar Ketua KKNT Kelompok 42 Unipma Teo Ardy Parasdya.

Kata Teo, ilmu pembuatan sirup rempah sengaja ditularkan ke masyarakat karena bahan baku minuman ini mudah ditemukan. Seperti air, jahe, temulawak, sereh, secang, kayu manis dan gula pasir. Cara pembuatannya juga sangat mudah, hanya diolah dengan alat sederhana. ‘’Untuk pembuatan sirup rempah ini kami menggandeng tim pemberdayaan PKK Desa Kasreman. Selain dikonsumsi sendiri, minuman ini juga bisa dijual untuk menambah pemasukan bagi para ibu-ibu di desa tersebut,’’ jelasnya.

Tim KKNT kelompok 42 juga memiliki beberapa program kerja seperti gropyok tikus, pembuatan batik jumputan, serta membuka donasi untuk pembangunan musala yang terletak di Dusun Rejosari, Kasreman. Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari masyarakat setempat. Hal ini terlihat dari lancarnya kegiatan dan turunnya izin untuk terjun ke tengah masyarakat. ‘’Sebelum melaksanakan program kerja, terlebih dahulu kami bersama Dosen Pendamping Lapangan (DPL) M Agus Sudrajat melakukan survei di lokasi KKN didampingi kepala desa,’’ paparnya.

Kegiatan survei tersebut bertujuan untuk mengetahui keadaan serta demografi wilayah tersebut, sehingga program yang akan dilaksanakan bisa tepat sasaran. Setelah melakukan survei, mahasiswa bersama DPL mulai menyusun program kerja dan merealisasikannya. Kegiatan KKNT terrsebut dilaksanakan mulai 5 Januari hingga 25 Februari. Namun karena penyebaran Covid-19 terus melonjak, peserta KKNT ditarik pada 15 Januari lalu. Selanjutnya kegiatan dilaksanakan secara daring. ‘’Kami berharap kegiatan pengabdian yang sudah kami jalankan memberikan manfaat kepada masayarakat di Desa Kasreman,’’ pungkasnya. (afi/aan/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

3 Comments

  1. Terimakasih kepada masyarakat Desa Kasreman dan perangkat Desa Kasreman yang telah menerima mahasiswa KKN UNIPMA kelompok 42 dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button