AdvertorialMadiun

Mahasiswa KKNT Bina Komunitas UNIPMA Bangkitkan Kembali Semangat Bank Sampah Bersinar Kelurahan Patihan

MADIUN –  Universitas PGRI Madiun pada tahun ini mengadakan KKN Tematik Bina Komunitas bagi mahasiswa yang sudah bekerja, agar tetap memberikan kontribusi secara langsung terhadap masyarakat. Mahasiswa dari kelompok 8 KKN Tematik Bina Komunitas memperoleh kesempatan untuk bekerjasama dengan Bank Sampah Bersinar Kelurahan Patihan, Kota Madiun.

Sejak awal dimulainya program KKN Tematik Bina Komunitas di Bank Sampah Bersinar, para mahasiswa dari kelompok 8 sudah mencanangkan untuk membuat produk unggulan dari sampah plastik sebagai program kerja utama. Sebelumnya, Bank Sampah Bersinar yang hanya menjual sampah berdasarkan jenisnya, kali ini membuka potensi untuk memiliki produk unggulan dengan harga jual yang jauh lebih tinggi daripada dijual dalam bentuk sampah bersih. Produk unggulan ini berupa pot untuk tanaman kaktus, vas bunga dari bahan kertas dan plastik, tempelan kulkas, dan souvenir dari botol plastik.

Sekali dayung dua pulau terlampaui, begitu yang dialami oleh mahasiswa kelompok 8, selain mengajak masyarakat sekitar dan pengurus Bank Sampah untuk menciptakan produk unggulan, kesempatan untuk mengenalkan daur ulang sampah plastik juga diberikan ke SDN Demangan 02. Pada tanggal 7 Februari 2020, para mahasiswa ini mengajak siswa – siswi untuk mengenal dan belajar melakukan daur ulang sampah plastik secara sederhana.

Keberadaan mahasiswa dari Universitas PGRI Madiun ini diharapkan membangkitkan kembali kegiatan Bank Sampah Bersinar yang sempat meredup. Selama ini Bank Sampah hanya melakukan pengepulan dan pencatatan secara manual. Oleh karena itu, para mahasiswa mengamalkan ilmunya supaya proses kegiatan Bank Sampah berjalan lebih efektif dan efisien. Pembuatan aplikasi administrasi mempercepat pekerjaan ibu – ibu pengurus Bank Sampah, sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama mereka.

Program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa dinilai pengurus dan masyarakat membangkitkan kembali semangat untuk tetap menjalankan Bank Sampah. Bahkan kali ini Bank Sampah Bersinar Patihan dengan antusias mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba tingkat nasional pada April 2020 mendatang. (anggiyan)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close