AdvertorialMadiunPendidikan

Mahasiswa KKN Tematik UNIPMA Mengoptimalkan Potensi Wisata PKBM Tunas Muda Desa Rejosari

MADIUN – Universitas PGRI Madiun mengadakan program KKN Tematik Bina Komunitas sabagai bentuk pengabdian masyarakat. Mahasiswa kelompok 1 KKN Tematik Bina Komunitas bersama Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tunas Muda Desa Rejosari, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun memiliki program kerja untuk mengaktifkan kembali destinasi wisata alternatif yaitu Wahana Perahu di Desa Rejosari.

Program kerja KKN Tematik yang diyakini akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat terutama pada PKBM Tunas Muda, untuk menggali potensi ekowisata dan eduwisata dengan cara mengembangkan rintisan desa wisata dimana program utama yakni memperbaiki dan mempercantik wisata tersebut.

Dengan memberi sedikit sentuhan serta kemasan dan promosi yang sesuai, Wahana Perahu PKBM Tunas Muda Rejosari akan mampu tampil sebagai salah satu desa wisata unggulan yang bisa menjadi andalan tak hanya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan, namun juga wahana edukatif bagi para pelajar.

Diperlukan pengelolaan yang optimal, bukan hanya mengandalkan potensi alamnya saja melainkan juga diperlukan pembenahan sarana pendukungnya.

Karena merupakan sebuah waduk, beberapa sarana pendukung yang diperlukan adalah kapal atau perahu kecil dan beberapa peralatan standar pengamannya sebagai sarana transportasi menikmati keindahan waduk.

Selain itu, juga dilakukan perbaikan taman di sekitar waduk, menambahkan jembatan untuk memberikan nilai tambah keindahan wisata Wahana Perahu.

Peran serta semua pihak yang terdiri dari Mahasiswa KKN Tematik Bina Komunitas, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Tunas Muda, Perangkat Desa, serta perwakilan pemuda dari Desa Rejosari sangat penting dalam mewujudkan desa wisata, sehingga diharapkan mampu menjadikan Kabupaten Madiun khususnya di Kecamatan Sawahan sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia dimasa depan dapat diwujudkan. (anggiyan)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close