Magetan

Magetan Masih Minim Rambu Lalin

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Jumlah rambu lalu lintas (lalin) terpasang di Magetan saat ini belum ideal. Dinas perhubungan (dishub) setempat menyebut masih dibutuhkan sebanyak 315 rambu lalin dan tujuh rambu pendahulu penunjuk jurusan (RPPJ) di sejumlah tempat.

Misalnya di ruas jalan Bendo-Maospati. Di sepanjang jalan kabupaten itu, keberadaan rambu lalin yang terpasang masih terbatas. ‘’Karena tiap persimpangan minimal butuh empat rambu lalin. Sedangkan, kalau ada sekolah harus ada minimal empat rambu lalin juga,’’ kata Kabid Ketertiban Lalu Lintas Dishub Magetan Oentoro Budi Rabu (15/1).

Dia menyebut, saat ini terdapat 2.032 rambu lalin yang tersebar di semua wilayah. Hanya, kondisinya tidak semua baik. Ada beberapa yang sudah rusak. Sementara, alokasi anggaran perbaikan yang pihaknya miliki terbatas. Nilainya sebesar Rp 123,5 juta. ‘’Karena termasuk dalam pemeliharaan. Itu dana sebelum PAK (perubahan anggaran keuangan, Red),’’ ujarnya.

Sementara, total anggaran pengadaan rambu lalin tahun ini mencapai Rp 350 juta. Kebutuhan itu disesuaikan dengan hasil survei lokasi yang telah pihaknya lakukan sebelumnya. ‘’Memang ada wilayah penyangga yang kerap kami perhatikan, tapi untuk rambu memang harus menyeluruh,’’ tuturnya.

Adapun wilayah penyangga yang Oentoro maksud itu meliputi Kecamatan Panekan, Plaosan, Ngariboyo, dan Sukomoro. Namun, dari hasil survei terakhir yang dilakukan di Sukomoro, terdapat beberapa titik yang membutuhkan rambu lalin baru. Itu belum termasuk wilayah kota. ‘’Sehingga, sebenarnya butuh lebih banyak,’’ ungkap Oentoro.

Kendati demikian, dia menyatakan bahwa pemasangan rambu lalin di sekitar roller barier lebih mendesak. Sebab, tempat tersebut banyak disinggahi warga untuk berfoto. ‘’Segera mungkin harus dipasang rambu lalin, seperti dilarang parkir dan larangan tanda berhenti di tempat tersebut,’’ ucapnya. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close