Ngawi

Luapan Sungai Tutup Jalan Jogorogo-Girimulyo

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Banjir sempat melumpuhkan akses menuju objek wisata Srambang Park Jumat sore (7/2). Sungai yang membentang di Desa Jaten, Kecamatan Jogorogo, itu airnya meluap hingga menggenangi Jalan Jogorogo-Girimulyo.

Kapolsek Jogorogo AKP Misrin mengatakan, hujan deras yang mengguyur sejak pukul 14.00 memicu terjadinya luapan air di sejumlah titik. Misalnya di Desa Soco. Beberapa rumah warga dilaporkan tergenang air luapan sungai setempat. Akses menuju Srambang Park juga sempat lumpuh. Karena air meluber ke jalan dengan volume besar lantaran aliran sungai tersumbat potongan batang kayu. ‘’Kami dengan dibantu warga telah berusaha menormalkan kembali aliran sungai tersebut,’’ ujarnya.

Koordinator Pusdalops BPBD Ngawi Alfian Wihaji Yudono menjelaskan, luapan air sungai dipicu curah hujan yang tinggi. Kondisi tersebut diperparah dengan banyaknya sampah berupa pohon dan ranting yang membuat aliran sungai tidak lancar. ‘’Kejadian tadi merupakan luapan air sungai karena tersumbat ranting, pun bukan banjir bandang,’’ sebutnya.

Alfian mengimbau agar warga lebih waspada pada musim hujan seperti sekarang. Dia meminta masyarakat untuk melihat kondisi lingkungan tempat tinggal. Terutama sungai dan saluran air atau parit. ‘’Kalau bisa dilakukan pembersihan dan tidak menaruh kayu maupun ranting di pinggir sungai. Karena apabila hanyut dan terbawa aliran sungai akan berakibat fatal,’’ ungkapnya. (mg1/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close