Magetan

Los untuk Pedagang Loak Tebon Belum Ditempati

Sudah Rusak dan Tidak Terawat

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dibangun sejak hampir setahun lalu, bangunan los kaki lima di sebelah timur Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pancasila, Kelurahan Tebon, Barat, Magetan, belum berfungsi maksimal. Siang hari, los berukuran 4×10 meter itu melompong. Bahkan beberapa bagian los sudah ada yang rusak dan terkesan tidak terawat. ‘’Belum ada yang menempati,’’ kata Sumartono, salah seorang pedagang barang bekas di depan Pegadaian Barat, Selasa (12/11).

Menurut dia, los itu untuk para pedagang barang bekas di sekitar RTH Pancasila tersebut. Padahal, mereka berharap bisa segera menempatinya. Sebab, tempat berdagang mereka saat ini tidak rapi dan terkesan kumuh. ‘’Kalau di sana bisa lebih baik, ya kami ingin pindah,’’ ujarnya.

Camat Barat Yok Sujarwadi membenarkan  bangunan itu bukan untuk pedagang kaki lima di sekitar Tebon. Melainkan untuk relokasi para pedagang loak di pinggir jalan raya. Dulu mereka hanya berjualan saat Wage. ‘’Tapi kini setiap hari masih berjualan di pinggir jalan,’’ katanya.

Yok menyebut masih perlu perbaikan saluran air untuk melengkapi los tersebut. Sebab, terhalang saluran air selebar hampir satu meter. Sehingga akan menghambat jual beli. Tahun ini, saluran air dibangun. Namun, Yok belum tahu kapan dimulai proyek fisiknya. ‘’Sebisa mungkin tahun ini,’’ ujarnya.

Saat ini, baru satu los di sekitar RTH. Di sebelah barat RTH juga akan dibangun los yang sama. Sebab, los di bagian timur tidak cukup untuk menampung 20 pedagang lebih. Yok pun belum tahu kapan los sebelah barat dibangun. Dia menyebut bukan pihak kecamatan yang membangun. ‘’Provinsi yang akan membangun,’’ ungkapnya. (fat/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close