Ngawi

Longsor Talut Trunojoyo Kian Lebar

BPBD Akan Buat Tanggul Darurat

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Talut di Jalan Trunojoyo, Kelurahan Karangtengah, Ngawi, yang ambrol dua pekan lalu kondisinya semakin parah. Retakan dan kikisan infrastruktur yang juga difungsikan sebagai trotoar itu semakin melebar. ‘’Kalau terus dibiarkan tidak menutup kemungkinan terjadi longsor susulan,’’ kata Wiyono, warga setempat, Selasa (25/2).

Talut yang ambrol bertambah panjang dari sebelumnya 10 meter menjadi 12 meter. Hujan intensitas tinggi beberapa hari terakhir dianggap sebagai penyebabnya. Bila tidak segera diperbaiki, kerusakan akan tambah parah. Sebab, musim penghujan masih berlangsung. Warga yang tinggal di sekitar talut dilanda kekhawatiran. ‘’Kalau malam hujan, tidur tidak nyenyak. Takut sewaktu-waktu ada ambrol susulan,’’ ujarnya.

Wiyono mengungkapkan, sejumlah petugas melakukan pengukuran beberapa hari lalu. Mereka memberitahukan akan ada pembangunan tanggul sementara dengan kantong pasir. ‘’Tapi, sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya,’’ ungkap Wiyono.

Sebelumnya, dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) mengklaim penyebab ambrolnya talut karena bencana alam. Perbaikan masuk dalam anggaran kebencanaan di badan penanggulangan bencana daerah (BPBD). Tanggul merupakan penanganan sementara. Sedangkan untuk perbaikan permanen bakal diupayakan dalam perubahan APBD (P-APBD) nanti.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ngawi Teguh Puryadi mengatakan, bahan membuat tanggul darurat itu telah diserahkan ke kelurahan. Perihal kerja bakti pemasangan menunggu instruksi kelurahan. ‘’Karena rencananya pembuatan tanggul tidak hanya dari BPBD, tapi juga melibatkan masyarakat, TNI, dan Polri,’’ sebutnya. (mg1/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close