Pacitan

Longsor Menerjang, Tidur Tak Tenang

Peralatan Dapur Katno Terkubur Tanah Bebatuan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Keluarga Katno, warga Dusun Jajar, Sempu, Nawangan, Pacitan, tidak nyenyak tidur beberapa hari ke depan. Setelah tebing di belakang rumah longsor dan menjebol dinding dapur Sabtu lalu (22/2). Katno bersama istri dan anaknya selamat karena tidur di ruangan yang cukup jauh dari tempat memasak itu. ‘’Kami mengungsi ke rumah tetangga. Takut ada longsor susulan karena tebingnya memang rawan,’’ kata Katno.

Katno terbangun sekitar pukul 02.00 setelah mendengar gemuruh dari arah belakang rumah. Suara itu disusul dentuman keras. Sumber suara gaduh itu lantas dicek. Sejumlah peralatan di dalam dapur sudah terkubur longsor. ‘’Sebelumnya hujan deras mengguyur selama 12 jam sejak Jumat (21/2),’’ ungkapnya.

Paginya terlihat bahwa tebing yang longsor setinggi tujuh meter. Material tanah bercampur batu menjebol dinding bambu selebar dua meter. Menimbun meja dan rak beserta peralatan memasak. Warga dan petugas gabungan kerja bakti membersihkan longsor. Mereka juga membuat saluran untuk mencegah genangan air hujan masuk dalam rumah. ‘’Sabtu malam tidur dengan perasaan tidak tenang,’’ ujarnya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Aswin Rikha Wijaya meminta warga waspada. Terutama yang tinggal di daerah rawan longsor. Hingga bulan depan curah hujan diprediksi tinggi. ‘’Jika sewaktu-waktu longsor segera pergi ke tempat terbuka,’’ pintanya. (mg2/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button