Madiun

Logo Baru Madiun Kota Pendekar Dikritik, Disbudparpora Bakal Gelar Sarasehan Budaya

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Logo baru Madiun Kota Pendekar di-bully netizen. Di dunia maya mereka mendesak dinas kebudayaan, pariwisata, kepemudaan, dan olahraga (disbudparpora) setempat meninjau ulang desain itu. Umumnya mereka menilai logo yang di-launching Jumat malam (30/4) itu kurang menarik.

Namun, Kepala Disbudparpora Kota Madiun Agus Purwowidagdo mengklaim proses pembuatan logo telah melalui pembahasan panjang. Melibatkan paguyuban pencak silat dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Madiun. ‘’Itu sudah dikaji tim kreatif pencak silat hingga muncul gerakan interval jurus 5 IPSI tersebut,’’ katanya, Senin (3/5).

Meski demikian, Agus tak keberatan jika perlu merevisi. Hanya, dia minta masyarakat memberi saran dan masukan resmi ke pihaknya. Sehingga, ada solusi atau pembanding yang lebih bagus. ‘’Saran atau masukan kami harap yang membangun. Mari kita diskusi. Kami sangat welcome,’’ ujar Agus Pur, sapaan akrabnya.

Dia memastikan masukan dan saran itu akan ditampung dalam sarasehan budaya. Melibatkan perguruan pencak silat, IPSI, budayawan, dan seniman lokal. ‘’Dari situ (sarasehan budaya, Red) nanti dikaji bersama. Apakah perlu revisi atau tidak. Serta apakah perlu lebih dari satu logo supaya bisa menghasilkan city branding,’’ tuturnya.

Sarasehan, lanjut Agus Pur, bakal digelar setelah Lebaran. Pokok utama pembahasannya mengenai logo baru Madiun Kota Pendekar. ‘’Misalnya logo yang telah di-launching itu untuk festival pencak silat Agustus mendatang. Logo yang baru (revisi) untuk kegiatan lain. Kalau seperti itu tidak masalah,’’ ujarnya.

Dia menyampaikan, logo yang diluncurkan sebagai city branding itu bakal diperkuat peraturan wali kota (perwal). Bahkan, dipatenkan sebagai hak kekayaan intelektual di Kemenkumham. ‘’Kami juga menghargai pendapat masyarakat. Karena logo ini akan kami bawa go international,’’ ungkapnya.

Dalam sarasehan nanti juga dibahas tentang festival pencak silat Nusantara. Penyelenggaraannya bakal melibatkan berbagai negara. ‘’Ada juga pakaian khas pencak silat. Rencananya akan dipakai para ASN. Sudah lengkap satu setel dengan celana,’’ pungkasnya. (her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button