MadiunPendidikan

Listrik Down Warnai Simulasi UNBK

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Jaringan listrik bisa menjadi momok pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020 SMP/MTs di Kabupaten Madiun. Dua dari 84 satuan pendidikan pelaksananya mengalami listrik down dalam simulasi ujian itu pertengahan bulan ini. ‘’Simulasi lima hari mulai 11 November lalu,’’ kata Kasi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Madiun Agus Widi Agung Minggu (23/11).

Agung menyebut, lembaga yang listriknya down itu sekolah swasta. Daya listrik yang dimiliki belum sesuai standar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penyebabnya, jumlah perangkat komputer ditambah dari yang dipakai saat UNBK tahun lalu. Problem tersebut dijadikan catatan. ‘’Sekolah harus menambah daya listriknya,’’ ujarnya.

Dia mengatakan, persoalan down listrik tingkat lokal menjadi tanggung jawab masing-masing sekolah. Upaya antisipasinya menyediakan genset. Terlepas itu, pemerintah pusat mencoba menekan potensi terjadinya gangguan listrik padam selama ujian dengan sistem computer based test (CBT) itu berlangsung. ‘’Sama seperti tahun-tahun lalu, ada kerja sama dengan PLN,’’ ucapnya.

Meski ada gangguan daya listrik, jaringan internet dua sekolah itu stabil. Tidak ada gangguan pada server yang membuat internetnya menjadi lemot. Pun dengan puluhan sekolah lain yang melaksanakan simulasi tahap pertama. Di luar urusan teknis, para siswa kelas IX bisa melaksanakan simulasi dengan baik. Masing-masing sekolah telah memberikan sosialisasi. Kalaupun masih ada yang bingung, itu hal wajar karena kali pertama. ‘’Secara keseluruhan tidak ada kendala. Kalau dipersentesaken 99 persen berjalan lancar,’’ papar Agung.

Agung mengungkapkan, total 85 SMP/MTs negeri dan swasta di kabupaten ini. Hanya satu sekolah yang tidak bisa menggelar UNBK karena tidak memiliki siswa. Ihwal jumlah peserta UNBK, dia belum bisa memastikan. Penghitungan daftar nominasi sementara (DNS)-nya baru dilakukan Januari 2020. ‘’Kalau tahun lalu ada 8.989 peserta,’’ sebutnya. (mg1/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button