Madiun

Liposos Jadi Tempat Nyaman Gepeng untuk Menetap

MADIUN  – Lingkungan pondok sosial (liposos) di Desa Sambirejo, Kecamatan  Jiwan, terbengkalai. Lokasi pelatihan dan rehabilitasi itu kini justru menjadi tempat nyaman bagi gelandangan dan pengemis (gepeng) untuk menetap. ‘’Tapi kalau memang disuruh pindah ya mau bagaimana lagi,’’ ujar salah seorang gepeng kemarin (5/5).

Dia mengatakan, sejumlah gepeng kini telah memiliki usaha. Bahkan, beberapa di antaranya sudah benar-benar meninggalkan pekerjaan sebagai pengemis. ‘’Kalau pindah dari liposos, bisa-bisa kembali ke pekerjaan lama,’’ katanya.

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Magetan Tatuk Mahmawati mengatakan, dari total 63 KK di liposos itu, 40 KK di antaranya sudah resmi menjadi warga Kabupaten Madiun. ‘’Sudah kami sosialisasikan sejak akhir 2018, mereka yang masih tinggal di sana harus segera pindah,’’ sebutnya

Meski begitu, pihaknya masih memberikan kelonggaran bagi mereka untuk tetap tinggal di liposos yang kini masuk kawasan RT 27 RW 03 itu. Syaratnya, haru siap hengkang jika sewaktu-waktu ada perintah resmi dari pemkab. Selain itu, mereka diberi tanggung jawab merawat bangunan yang ditempati. (fat/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close