AdvertorialPonorogo

Lindungi Sesama dengan Tidak Keluar Rumah

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – DPRD Ponorogo mengimbau masyarakat mematuhi instruksi pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Kepatuhan segenap warga Ponorogo terhadap instruksi pemerintah menjadi kunci untuk membuat Bumi Reyog steril dari Covid-19. ‘’Ikuti instruksi presiden, gubernur, dan bupati terkait cara kita menghadapi wabah korona ini,’’ ajak Wakil Ketua DPRD Ponorogo Dwi Agus Prayitno.

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan masyarakat. Paling utama, instruksi untuk tinggal di rumah. Dengan tidak keluar rumah, masyarakat dapat mendukung upaya pencegahan penularan korona. Sebab, virus ini sangat mudah menular lewat media apa pun. ‘’Jadi, lebih aman berada di rumah,’’ kata dia.

Sebisa mungkin, lanjut Agus, masyarakat tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Jika memang harus keluar rumah karena hal-hal yang tidak dapat ditunda, perlu memproteksi diri dan orang lain. Di antaranya, menjaga jarak aman antarsatu orang dengan orang lain.

‘’Selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), rajin cuci tangan atau mandi sepulang ke rumah. Ini penting untuk mengurangi risiko,’’ jelasnya.

Masyarakat juga harus menghindari kerumuman. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan menggelar acara yang melibatkan banyak massa. Pun, seluruh kafe, restoran, warung, atau angkringan juga telah dibatasi jam bukanya sampai maksimal pukul 22.00.

Agus mengimbau masyarakat mematuhi aturan tersebut. Jika berbagai instruksi itu dilaksanakan, Agus yakin potensi penyebaran korona di Bumi Reyog akan semakin kecil. ‘’Kerumunan massa semakin memperbesar risiko penularan,’’ sebutnya.

Sampai saat ini, angka orang dengan risiko (ODR) korona di Ponorogo telah mencapai ratusan. Orang dalam pemantauan (ODP) lebih dari 50 orang. Sementara, tujuh warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). ‘’Berdiam di rumah itu juga merupakan bagian dari upaya saling menjaga satu sama lain. Jadi, sebisa mungkin, jika tidak ada keperluan mendesak, hindari keluar rumah,’’ pintanya. (naz/c1/sat/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close