Advertorial

Lindungi Pedagang Pasar Baru dengan Vaksinasi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Vaksinasi Covid-19 terhadap pedagang pasar resmi dimulai. Tak kurang dari 300 pedagang Pasar Baru mendapat suntikan perdananya kemarin (22/6). Antusiasme pedagang menunjukkan mereka ingin setiap pengunjung pasar tradisional lebih terlindungi. ‘’Vaksinasi pedagang pasar tradisional bergiliran sesuai jadwal dari dinas kesehatan (dinkes),’’ ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sucipto.

Menurut data dari disperindag, sejauh ini ada 2.734 pedagang yang masuk sasaran vaksinasi korona, dari total pedagang di seluruh Magetan yang mencapai sekitar 7.500 orang. Angka tersebut belum termasuk 64 tenaga kebersihan dan 60 juru parkir. Total 21 pasar –termasuk Pasar Hewan- diklaim telah terkover. ‘’Pendataan masih kami lanjutkan,’’ sebutnya.

Menurut Sucipto, pedagang perlu mendapat imunisasi karena mobilitas mereka cukup tinggi. Selain itu, mereka kerap bertemu dengan banyak orang setiap harinya. Vaksinasi penting untuk menekan resiko persebaran Covid-19 di pasar. ‘’Kami terus sosialisasikan manfaat vaksinasi massal ini kepada para pedagang,’’ kata Sucipto.

Bupati Magetan Suprawoto mengungkapkan vaksinasi terhadap pedagang penting untuk membentuk imunitas massal di pasar-pasar tradisional. Sebab para pedagang mempunyai resiko yang cukup tinggi karena terus bertemu banyak orang. Jangan sampai, kata bupati yang akrab disapa Kang Woto itu, muncul klaster pasar di Magetan. ‘’Apalagi sebagian pedagang itu sudah lanjut usia, sehingga perlu diprioritaskan,’’ tegasnya. (fat/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button