Pacitan

Lima OTG Asal Pagerejo Kabur Saat Akan Dilakukan Swab Test

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Upaya pemkab memutus rantai penyebaran Covid-19 di Pacitan menemui kendala. Seperti kasus kaburnya lima orang berstatus orang tanpa gejala (OTG) di Desa Pagerejo, Kecamatan Ngadirojo, Rabu lalu (3/6). Kelimanya yang masih satu keluarga itu kabur ketika petugas dinas kesehatan akan melakukan swab test.

Jubir Tim Gugus Tugas Penanggulangan (TGTP) Covid-19 Pacitan Rahmad Dwiyanto tak menampik kejadian tersebut. Dia mengungkapkan bahwa lima OTG itu terdiri tiga anak dan orang tuanya. Sebelumnya mereka sempat dilakukan pemanggilan untuk diambil spesimennya pada dua hari lalu. Namun, mereka mangkir. Sehingga pihaknya terpaksa melakukan penjemputan menggunakan mobil ambulans. “Sesampainya di Ngadirojo, saat didatangi petugas mereka kooperatif. Bilang mau berangkat tapi malah kabur,” katanya.

Peristiwa itu sempat membuat pihak dinkes kelabakan. Apalagi setelah dilakukan pencarian mereka ternyata belum juga ditemukan sampai dengan kemarin. Rahmad mengungkapkan, dua dari lima OTG itu diketahui mempunyai kontak erat dengan pasien positif Covid-19. “Sebenarnya mereka sudah kami lakukan rapid test dan hasilnya nonreaktif. Tapi, karena kemunculan klaster Temboro ini kami coba lakukan swab test untuk memastikannya. Tapi mereka justru menghilang,” terang kepala diskominfo itu.

Rahmad berharap lima OTG itu segera menyerahkan diri dan bersedia diambil spesimennya untuk dilakukan swab test.  “Kami tidak ingin melakukan diskriminasi. Tapi, kami berharap mereka sadar diri untuk datang ke petugas. Kami beri waktu satu minggu sebelum kami minta bantuan petugas dari TNI/Polri,” imbuh mantan kadinkes tersebut.

Plt Kadinkes Pacitan dr Hendra Purwaka mengatakan bahwa swab test tidak hanya dilakukan pada lima OTG tersebut. Tes serupa rencananya juga dilakukan pada pengawas dan kepala SMA/SMK yang kedapatan mengikuti proses pelantikan jabatan fungsional di BKD Jatim. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button