MadiunSport

Lima Laga Home Persis di Stadion Wilis

MADIUN – Sekali merumput di Stadion Wilis akhir Juli lalu membuat Persis Solo kepincut untuk kembali lagi. Seiring direnovasinya Stadion Manahan yang menjadi markas mereka, Laskar Sambernyawa bakal menggunakan Stadion Wilis kembali sebagai home base. Rencananya, sampai akhir putaran kedua Liga 2 Wilayah Barat. ’’Sudah kami putuskan Stadion Wilis, dengan sejumlah pertimbangan,’’ kata Manajer Persis Solo Setiawan Muhammad.

Renovasi menyeluruh di Stadion Manahan memaksa Persis untuk menyingkir sementara dari stadion tersebut. 28 Juli lalu, Persis untuk kali pertama memanfaatkan Stadion Wilis sebagai home base. Kala itu, Persis menjamu Persita Tangerang di laga lanjutan Liga 2 Wilayah Barat. Kebetulan, laga itu menjadi penutup di putaran pertama. Iwan –sapaan Setiawan Muhammad– menyebut timnya akan menggelar lima pertandingan home di Stadion Wilis. ’’Mulai September sampai Oktober,’’ ujarnya.

Iwan mengungkapkan sejumlah alasan dipilihnya Stadion Wilis sebagai home base sementara. Geografis jadi pertimbangan utama. Jarak antara Madiun-Solo yang berkisar 115 kilometer dipandang tidak terlalu jauh. Baik bagi skuad maupun para suporter. Terbukti pada laga menjamu Persita Juli lalu, mobilisasi massa dari Solo ke Madiun juga lancar. Terlebih, ada tol. ’’Di samping itu, penerimaan masyarakat Madiun terhadap Persis dan suporter (Pasoepati, Surakartans) juga baik. Ini karena kedekatan masyarakatnya juga,’’ bebernya.

Faktor lainnya adalah infrastruktur. Iwan menilai Stadion Wilis laik menyelenggarakan pertandingan Liga 2. Termasuk fasilitas bagi suporter dan pemain terbilang memadai dan memenuhi persyaratan. Iwan menyebut, Stadion Wilis lebih baik dibandingkan sejumlah alternatif home base lain di wilayah Solo Raya atau bahkan sejumlah stadion di wilayah Jogjakarta. ’’Dari berbagai alternatif home base, Stadion Wilis lebih baik. Mengacu banyak pertimbangan itu,’’ terang Iwan.

Laga kedua Persis di home base sementaranya akan digelar sore nanti. Laskar Sambernyawa akan menjamu Aceh United pukul 15.30. Kepala DPUTR Suwarno membenarkan Persis telah mengajukan izin sewa Stadion Wilis sebagai home base untuk putaran kedua Liga 2 Wilayah Barat. ‘’Sejak awal mereka (Persis, Red) datang dan mengajukan rencana sewa, saat itu sudah diutarakan akan meminjam sampai putaran kedua. Renovasi di Manahan nyaris total, tidak bisa digunakan untuk bertanding,’’ jelasnya. (naz/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button