Magetan

Lima Hektare Hutan Pinus Hangus

MAGETAN, Radar Magetan – Kasus kebakaran yang melanda RPH Genilangit rampung diinventarisasi. Hasilnya, luas lahan yang hangus terbakar mencapai 5 hektare. Letaknya di petak 87 hutan lindung Perhutani. Adapun jenis pohon yang terbakar adalah pinus.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Saputra mengatakan, kawasan itu termasuk blok candi Dukuh Wonomulyo, Desa Genilangit, Poncol. Sejak  hutan tersebut membara pada Minggu lalu (17/11), nyala api baru bisa dipadamkan dua hari kemudian (19/11). Proses pemadaman menggunakan alcon. ‘’Kami langsung bawa diesel untuk menyedot air dan melakukan pembasahan. Karena lokasi kebakaran dekat dengan sumber air,’’ kata Fery Rabu (20/11).

Dia memastikan kasus kebakaran hutan itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Hanya, hutan produksi milik masyarakat ikut terdampak. Yang jelas, saat ini titik api di RPH Genilangit sudah tidak ada. Kendati demikian, pemantauan tetap dilakukannya. ‘’Kami harap sudah kondusif,’’ ucap Fery.

Menurutnya, kasus kebakaran di kawasan RPH Genilangit itu baru kali pertama terjadi. Namun, pihaknya belum mengetahui penyebab pasti munculnya api di kawasan hutan milik Perhutani tersebut. ‘’Kami serahkan ke pihak berwajib untuk penindakannya,’’ ungkap Fery.

Dia membeber bahwa kebakaran di lereng Lawu belum sepenuhnya padam. Masih terdapat kepulan asap di beberapa titik. Untuk itu pihaknya tetap menyiagakan dua personel di posko yang berada di Dusun Pangger, Desa Bedagung, Kecamatan Panekan. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close