Madiun

Lima Bayi di Kota Madiun Lahir Bertepatan dengan HUT ke-76 RI

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Lima bayi lahir bertepatan dengan HUT ke-76 RI Selasa (17/8). Kelimanya lahir melalui operasi Caesar. Empat bayi lahir di RSUD dr Soedono dan satu di RSUD Kota Madiun. Tiga di antaranya lahir dari rahim ibu yang sedang menyandang status positif Covid-19.

Pun, ketiga bayi itu harus mendapatkan penanganan khusus mengingat ibunya merupakan pasien Covid-19. ‘’Saya menangani satu bayi non-Covid-19. Tiga bayi Covid-19 ditangani dokter lain. Jadwalnya berurutan,’’ kata dr Tauhid Islamy SpOG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi RSUD dr Soedono Madiun (RSSM).

Tauhid mengungkapkan, empat bayi tersebut memang sudah saatnya lahir. Bukan keinginan orang tua agar bertepatan momen HUT RI. ‘’Tindakan operasi Caesar harus dilakukan karena kepala bayi tidak masuk ke panggul,’’ ujar Tauhid.

Pasca persalinan, ibu dan bayi mendapatkan perawatan di ruang isolasi Covid-19 secara terpisah. Pun, pihak RSSM sempat membagikan video yang diambil tenaga kesehatan (nakes) mengenakan APD lengkap di ruang isolasi kepada Jawa Pos Radar Madiun.

Ditanya tren pasien hamil positif Covid-19, Tauhid menyebut bahwa belakangan mulai menurun. Puncaknya, kata dia, terjadi Juli lalu. Kala itu, sedikitnya 22 ibu hamil terpapar korona menjalani perawatan di RSSM. ‘’Saat ini hanya ada sembilan pasien,’’ tuturnya.

Sementara, satu bayi yang lahir di RSUD Kota Madiun berjenis kelamin laki-laki. Berat badannya 2,7 kilogram dan panjang 48 sentimeter. Bayi itu lahir pukul 10.39. ‘’Melalui operasi Caesar. Alhamdulillah, bayi dan ibunya selamat dan sehat,’’ kata Kasi Pelayanan Medis RSUD Kota Madiun drg Priyo Raharjo. (kid/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button