Ponorogo

Libur Lima Hari, ASN Dilarang Mudik 

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Libur Lebaran aparatur sipil negara (ASN) dimajukan akibat pandemi virus korona. Pemerintah memang memutuskan mengganti cuti bersama Idul Fitri pada akhir tahun nanti. Namun, ASN masih bisa libur lima hari mulai Kamis (21/5) hingga Senin (26/5). ‘’Tanggal 26 Mei masuk kerja seperti biasa,’’ kata Kabid Pembinaan Penilaian Kinerja dan Kesejahteraan ASN Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo Suko Widodo Kamis (14/5).

Suko menyebut, akan ada lima hari libur bagi ASN pada momen Lebaran yang jatuh pada Minggu mendatang (24/5). Dimulai libur Hari Kenaikan Isa Almasih pada 21 Mei. Keesokan harinya, 22 Mei, cuti bersama. ‘’22 Mei itu cuti bersama. Jadi, Kamis itu libur nasional, kemudian Jumat cuti bersama,’’ bebernya.

Sementara Sabtu (23/5), dihitung libur biasa. Praktis, ASN bisa libur lima hari mulai Kamis hingga Senin. Suko menyebut, pelayanan publik selama libur panjang berlangsung, wajib tetap ada. Meskipun tidak penuh. ‘’Walau libur, tetap harus ada yang piket khusus untuk pelayanan publik,’’ kata dia.

Pengaturan piket, lanjut Suko, diatur organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing. Sementara pada Selasa, 26 Mei, seluruh ASN Pemkab Ponorogo wajib masuk seperti biasa. Suko mewanti-wanti, ASN tidak boleh memperpanjang libur dengan mengambil cuti. Sebab, sudah ada imbauan pemerintah pusat untuk tidak mengambil cuti. ‘’Hanya ada dua pengecualian. Yaitu, sakit atau melahirkan. Selain itu harus masuk,’’ tegas Suko.

Meski libur lima hari, Suko meminta ASN tidak mudik. BKPSDM juga sudah bersurat resmi ke seluruh OPD. Penegakan disiplin akan tetap mengacu PP 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. ‘’Petunjuknya sudah ada terkait mudik. Nanti dapat dikenai sanksi mulai ringan, sedang, hingga berat, tergantung kasusnya. Kalaupun tidak masuk karena alasannya sakit, tetap harus dengan surat dokter,’’ jelasnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close