Pacitan

Libur Lebaran Usai, Pantai Masih Ramai

PACITAN – Senin (10/6) kemarin merupakan hari pertama masuk kerja selepas cuti bersama Lebaran. Meski begitu, masih banyak yang menikmati liburan. Buktinya, sejumlag objek wisata di Pacitan masih dipadati pengunjung. Pantai Teleng Ria misalnya. Ribuan pelancong memadati destinasi tersebut.

Merka tak hanya wisatawan lokal Pacitan. Namun, banyak juga warga dari luar daerah. Di antaranya dari Surabaya dan Malang. Mereka menghabiskan liburan mereka di Pacitan. ‘’Belum masuk kerja. Mumpung mudik ke Pacitan sekalian wisata ke pantai,’’ kata Rizki, salah seorang pengunjung.

Perempuan yang tinggal di Blimbing, Malang, itu setiap Lebaran mudik ke Pacitan. Dia memang kelahiran Mentoro, Pacitan. Sebagai pebisnis mandiri, Rizki bisa mengatur jadwal liburan sendiri. Pun menghabiskan sisa liburan sekolah putra-putrinya. ‘’Mungkin Rabu besok baru kembali ke Malang, liburnya juga telat kemarin,’’ ujarnya.

Dia memilih  Pantai Teleng Ria lantaran lokasinya paling dekat dengan Pacitan kota. Sedangkan di objek wisata populer seperti Pantai Klayar, Watukarung, atau Srau, dia khawatir pengunjungnya membeludak. Sehingga, kurang nyaman untuk bersantai. ‘’Anak-anak penggennya yang penting bisa bermain air pantai,’’ ungkapnya

Meski masih padat, sejatinya jumlah pengunjung sudah turun. Menurut Nurul, salah seorang pedagang pakaian di pantai itu, jika dibandingkan H+1 hingga H+4, wisatawan berkurang drastis. Itu ditandai dengan omzetnya yang tinggal separo. Sedangkan sehari usai Lebaran lalu berlipat dua. ‘’Kalau dibandingkan akhir pekan biasa, masih ramai hari ini (kemarin),’’ terangnya.

Selain Pantai Teleng Ria, pengunjung juga memadati pantai lain di Pacitan. Pantai Klayar, Watukarung, Srau dan Pancer Door masih dipadati wisatawan meski tak seramai hari sebelumnya. Liburan sekolah juga masih berpengaruh pada tingkat kunjungan. Diprediksi bakal terus berlanjut hingga pertengahan pekan ini. (gen/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button