Ngawi

Libur Idul Adha, Pemudik Sepi

Jumlah Penumpang Relatif Stabil

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Momen libur Idul Adha tidak berdampak pada lonjakan pemudik di Ngawi. Buktinya, jumlah penumpang yang turun di Terminal Kertonegoro relatif stabil. ‘’Sekarang hidup di kota susah, sehingga untuk pulang ke kampung juga harus berpikir dua kali,’’ kata Kepala UPT Terminal Kertonegoro Ali Imron Hariyadi Rabu (29/7).

Ali mengakui ada kenaikan jumlah penumpang yang turun di Terminal Kertonegoro. Namun, tidak signifikan. ‘’Sehari rata-rata ada sekitar 8 ribu penumpang,’’ sebutnya.

Dia memerinci, sepanjang Senin lalu (27/7) jumlah penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang turun di Terminal Kertonegoro tercatat sebanyak 8.064 orang. Sedangkan dari bus antar kota dalam provinsi (AKDP) hanya 706 penumpang. ‘’Kalaupun ada penambahan hanya berkisar 100 sehari,’’ tuturnya.

Kendati tidak ada lonjakan jumlah penumpang yang signifikan, pihaknya tetap melakukan antisipasi. Salah satunya menyiapkan sejumlah petugas selama 24 jam untuk melakukan skrining terhadap pemudik. ‘’Penerapan protokol kesehatan selalu kami awasi,’’ tegasnya.

Jika petugas mendapati penumpang yang suhu tubuhnya di atas normal, kata dia, akan mendapat perlakuan khusus. Salah-satunya ditelusuri riwayat perjalanannya serta menjalani pemeriksaan medis. ‘’Kami bekerja sama dengan tenaga medis untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,’’ ujarnya.

Tidak hanya itu, bus AKDP tujuan akhir Ngawi juga akan disterilisasi. Sedangkan armada yang sekadar transit hanya dilakukan pemantauan. ‘’Tidak semua kami lakukan sterilisasi mengingat sebagian bus yang masuk terminal hanya berhenti sejenak,’’ katanya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close