features

Lewat Batik Tulis, Nama Ely Inayah Menasional

Canting dan malam biasa menemani Ely Inayah melewati hari-harinya. Ya, perempuan itu merupakan perajin batik tulis di Kota Madiun yang namanya semakin diperhitungkan. Pun, karyanya telah merambah berbagai daerah.

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

SIANG itu, Ely Inayah tampak duduk di depan hamparan kain putih yang sudah dihiasi berbagai pola. Tangannya memainkan canting yang telah terisi malam di permukaan kain mengikuti pola yang ada. Sesekali perempuan itu menghentikan tarian cantingnya, lalu matanya menatap tajam hasil goresannya.

Kecintaan Ely pada batik tidak terlepas dari lingkungan keluarganya yang merupakan pembatik. Aktivitas membantik intens dilakukan Ely sejak 1990 bersamaan kepindahannya dari Ngawi ke Kota Madiun. ‘’Kebetulan waktu itu di sini belum ada yang mengangkat batik tulis,” ujarnya, Rabu (23/6).

Ely biasa mengawali proses pembuatan batik tulis dengan membuat pola atau desain sesuai permintaan pelanggan. Selanjutnya, pola dipoles dengan malam yang sudah dipanaskan menggunakan canting. ”Pada tahap pewarnaan sampai penguncian tidak cukup satu kali langsung jadi. Jadi ya harus sabar,’’ katanya.

Seiring berjalannya waktu, batik karya Ely semakin populer di pasaran. Penjualannya tidak hanya daerah lokal, melainkan telah merambah Malang, Surabaya, Jakarta, hingga Sulawesi. Pun, pemkot menjadikan batik hasil kreasi Ely sebagai seragam resmi ASN setempat saban Jumat.

Batik karya Ely juga sempat dijadikan pemkot kenang-kenangan untuk Susilo Bambang Yudhoyono saat masih menjabat presiden. ‘’Ciri khas batik buatan saya itu ada motif keris tundung madiunnya,’’ beber warga Jalan Cenderawasih, Nambangan lor, Manguharjo, itu. ‘’Untuk jenis kainnya macam-macam. Ada sutera, prima, dan primis,’’ imbuhnya.

Selain batik tulis, belakangan istri Suwardi itu juga membuat batik dengan teknik berbeda. Mulai ciprat, sibori printing, cap, hingga ecoprint. ”Ketahanannya bisa sampai 10 tahun, asal mencucinya benar dan menjemur tidak di bawah sinar matahari langsung,’’ ujarnya. * (isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button