features

Letkol Inf. Edwin Charles Saat Remaja Gemar Menulis dan Idolakan W.S. Rendra

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Peribahasa itu diresapi betul oleh Letkol Inf. Edwin Charles. Di setiap daerah tempatnya bertugas, pria yang kini menjabat Dandim 0803/Madiun itu selalu berupaya menyesuaikan diri dengan karakter maupun budaya warga setempat.

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

DINAMIS namun kondusif. Itulah kesan Letkol Inf. Edwin Charles terhadap Madiun saat kali pertama bertugas di daerah setempat pada November 2020 lalu. Kendati demikian, bukan berarti tidak ada tantangan yang harus dihadapi. ‘’Tantangannya ya menjaga kondusivitas itu,” ujarnya.

Karir Edwin di dunia militer dimulai beberapa saat setelah pria kelahiran Jakarta, 6 Agustus 1978, itu lulus dari Akademi Militer (Akmil) Magelang. Pada 2002 dia ditugaskan di Sulawesi. Sepuluh tahun berselang, Edwin dipindahtugaskan ke Makassar, kemudian Manado.

Setelah itu, kembali ke Makassar, Sulawesi Tenggara, Poso, dan ditarik lagi ke Makassar. Dia juga pernah bertugas di Yonif 734 Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, Maluku, pada 2019-2020. ”Waktu itu jabatan cuma muter di komandan peleton, komandan kompi, serta danramil,” ujarnya.

Setelah itu, bapak empat anak ini sempat tiga bulan menjadi komandan Depo Pendidikan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam XVI/Pattimura sebelum akhirnya dipercaya menjadi Dandim 0803/Madiun. ‘’Waktu di Maluku tantangannya lebih banyak faktor alam,” sebutnya.

Siapa sangka, di balik kiprahnya di dunia militer, Edwin dulu saat masih duduk di bangku SMA gemar menulis. Karyanya, mulai puisi hingga cerpen, kerap menghiasi Anita Cemerlang, majalah remaja yang cukup terkenal kala itu. Dia juga sering melahap karya sastra, terutama hasil tulisan sastrawan angkatan Balai Pustaka.

”Dulu koleksi buku juga banyak. Sering juga jadi kontributor media. Nulisnya pakai mesin ketik, setelah itu dikirim lewat pos,” kenang pria yang mengidolakan sastrawan W.S. Rendra itu. (*/isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button