Ponorogo

Lestarikan Lingkungan, Karang Taruna Ponorogo Gunakan Bahan Alam saat Pembagian Daging Kurban

PONOROGO, Jawa Pos Radar Madiun – Program ramah lingkungan diusung oleh sejumlah karang taruna yang tergabung dalam Heppiii Community Ponorogo saat perayaan Idul Adha lalu. Mereka memanfaatkan besek, daun jati, daun pisang beserta pelepahnya sebagai pengganti plastik untuk wadah ketika pendistribusian daging kurban kepada masyarakat.

Kegiatan itu merupakan bagian dari program bertajuk Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi yang melibatkan 379 komunitas di 42 kota. Ada lebih dari 15 ribu anggota dari komunitas tersebut. Salah satunya adalah Heppiii Community yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan kali pertama itu.

Koordinator Heppiii Community Ponorogo Andri Kristiawan mengatakan, semua komunitas karang taruna memanfaatkan apa yang ada di alam untuk wadah daging kurban. Cara ini merupakan bentuk dukungan pihaknya sebagai upaya mengurangi limbah plastik. “Kalau jumlah keseluruhan ada ratusan wadah yang kami buat saat hari kurban tahun ini. Wadah daging kurban dari alam ini sebagai upaya atau bentuk dukungan karta terhadap pelestarian lingkungan,” kata Andri, Senin (3/8).

Andri mengungkapkan Heppiii Community sangat mendukung upaya untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Karena itu setiap daging yang dibagikan kepada kaum dhuafa, yatim piatu dan masyarakat kurang mampu menggunakan wadah dari alam.

Ada tiga karang taruna yang terlibat dalam kegiatan kali tersebut. Meliputi Karang Taruna Pokmas Selomulyo, Gambir Sawit, dan Sinoman Singo Taruno. Sistem pembelian hewan kurban yang melibatkan tiga karang taruna ini juga terbilang unik. “Dalam praktiknya, setiap pembelian hewan kurban berbuah sembako. Karena keuntungan yang diperoleh peternak sebagian juga didonasikan untuk membeli sembako bagi warga kurang mampu,” imbuhnya. (her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close