Madiun

Lestarikan Batik, Pemkot Madiun Siapkan Galeri Dekranasda

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Upaya Pemkot Madiun melestarikan batik berbuah manis. Dari hari ke hari terus bermunculan motif batik baru. Teranyar motif sejuta bunga kombinasi pecelan seperti dikenakan Wali Kota Madiun Maidi bersama sang istri, Yuni Setyawati. Motif itu dikenalkan bertepatan dengan momen Hari Batik Nasional yang jatuh hari ini. ‘’Motifnya bagus, dipakai juga nyaman,’’ kata Maidi, Sabtu (2/10).

Maidi mengungkapkan, saat ini tiap kelurahan memiliki ciri khas motif batik. Mulai pecelan, jeruk Nambangan, sejuta bunga, pendekar, hingga keris Retno Dumilah. Di sisi lain, pemkot memberikan support pemasaran, baik secara online maupun offline. ‘’Saat ini ada 32 perajin batik dengan beraneka ragam motif,’’ ujarnya.

Pemkot juga telah menyiapkan galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) bekerja sama dengan tim penggerak (TP) PKK setempat. Harapannya, berbagai motif batik khas Kota Madiun bisa menasional bahkan go international. ‘’Jangan sampai perajin batik kendur, harus lebih bagus. Warisan budaya ini harus terus dilestarikan,’’ tegasnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button