Magetan

Lembeyan-Panekan Bakal Miliki RS Tipe D

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Warga di kecamatan terluar kesulitan menjangkau RSUD dr Sayidiman yang ada di tengah kota. Tergelitik persoalan tersebut, Bupati Suprawoto berencana meng-upgrade dua puskesmas di wilayah terluar Magetan menjadi rumah sakit (RS) tipe D. ‘’Contohnya, banyak warga Lembeyan yang lebih memilih ke Ponorogo karena lebih dekat dibanding ke RSUD dr Sayidiman,’’ kata bupati, Sabtu (24/7).

Kang Woto –sapaan Suprawoto- tak main-main dengan rencananya itu. Kamis lalu (22/7) dia mengajak jajarannya meninjau Puskesmas Lembeyan dan Panekan. Kedua puskesmas melayani ribuan warga di wilayah terluar Magetan. Akses warga terlalu jauh jika menuju RSUD. ‘’Jangan sampai ada warga sakit tidak tertolong karena akses terlalu jauh,’’ ujarnya.

Pengembangan kedua puskesmas bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan bagi pasien. Jika semula hanya melayani rawat jalan, setelah menjadi RS tipe D, maka diproyeksikan mampu melayani rawat inap. RS tipe D juga dapat menjadi fasilitas kesehatan (faskes) rujukan bagi faskes lain. ‘’Ini investasi, karena akan berguna sampai kapan pun,’’ tegas bupati.

Kang Woto tunjuk contoh Puskesmas Panekan. Puskesmas di wilayah utara Magetan itu rupanya juga menjadi jujukan warga Ngawi untuk berobat. Jika Puskesmas Panekan dan Lembeyan dibekali fasilitas dan tenaga kesehatan mumpuni, maka pelayanan kesehatan semakin optimal. ‘’Mengobati orang sakit itu tidak boleh dibatasi teritorial,’’ jelas bupati sembari menyebut pihaknya segera menyusun rencana anggaran pengembangan dua puskesmas itu. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button