Ponorogo

Lelah Berkendara Istirahat di Rest Area Tugurejo

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Lelah berkendara Ponorogo-Pacitan? Singgahlah sejenak di rest area Tugurejo, Slahung. Pemdes setempat membangun tempat rehat itu sejak 2018 silam. Rest area sengaja dibuat untuk memfasilitasi pengendara Ponorogo-Pacitan. Semula, tanah seluas 200 meter hanyalah gundukan tak terawat. ‘’Akhirnya saya jadikan tempat peristirahatan bagi yang lelah perjalanan,’’ kata Kades Tugurejo Siswanto, Minggu (5/9).

Fasilitasnya cukup lengkap. Mulai tempat makan, salat, hingga tempat istirahat. Sebelum pandemi, rest area kerap dijadikan tempat bazar dan berbagai acara desa. Juga ngabuburit di setiap bulan puasa. ‘’Sekarang sepi karena pandemi. Jadi, tidak ada lagi yang berjualan di sana,’’ ujarnya.

Tidak hanya rest area, pemdes juga menyewa 5 hektare lahan Perhutani untuk dijadikan Java Paradise Area (JPA). Lokasinya yang dekat rest area dapat dikunjugi pengendara saat rehat. Di sana banyak ditanami buah-buahan segar. Seperti alpukat, nangka, dan durian. Sekitar 10 hektare juga ditanami kopi jenis arabica comasti. ‘’Kopi sudah panen dan hasilnya bagus. Sekarang tinggal menanti panenan tiga buah lain,’’ tuturnya.

Aneka buah itu mengganti cengkih yang hasilnya tak maksimal karena diserang hama. Pengelolaan kebunnya disokong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mukti Rahayu. Setelah panen juga dipasarkan BUMDes milik Tugurejo tersebut. ‘’Bagi investor yang tertarik harus membelinya lewat BUMDes agar terjaga harganya,’’ pungkasnya. (fac/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button