AdvertorialMagetan

Layani Rekam e-KTP di 6 Kantor Kecamatan

MAGETAN – Kemudahan pelayanan perekaman dan pencetakan e-KTP maupun kartu identitas anak (KIA) diberikan oleh Pemkab Magetan. Saat ini, warga tidak perlu lagi-lagi jauh melakukan pengurusan dokumen tersebut ke kantor disdukcapil. Cukup datang ke kantor kecamatan.

Hanya pelayanan diberikan pada kantor kecamatan tertentu karena memang terbatasnya alat. Pemkab baru membuka pelayanan perekaman dan pencetakan e-KTP serta KIA di enam kantor kecamatan. Yang terdiri dari kantor Kecamatan Barat, Poncol, Parang, Sidorejo, Kawedanan, dan Takeran. ‘’Inovasi ini sangat bagus dan mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan (adminduk),’’ terang Bupati Magetan Suprawoto.

Anggaran sebesar Rp 1,1 miliar dialokasikan disdukcapil untuk mempermudah pelayanan tersebut. Mulai dari penyediaan alat rekam dan cetak baru, serta sumber daya manusianya. Bahkan, saat perubahan anggaran keuangan (PAK) 2019 nanti pemkab berencana menambah alat rekam baru lagi untuk kecamatan lainnya. ‘’Diharapkan pada akhir tahun ini semua kecamatan sudah bisa melayani perekaman dan cetak sekaligus,’’ harap bupati yang akrab disapa Kang Woto itu.

Tetapi sambil menunggu pengadaan baru, kata dia, untuk sementara warga bisa menumpang melakukan perekaman e-KTP dan KIA di enam kantor kecamatan tersebut. Misalnya, warga Kartoharjo bisa datang ke kantor Kecamatan Barat. ‘’Di sana masyarakat tetap akan dilayani untuk proses rekam dan cetak e-KTP maupun KIA,’’ ungkap mantan sekjen kemenkominfo tersebut.

Selain melaunching pengurusan adminduk di kecamatan, juga dilaksanakan penandatanganan MoU antar organisasi perangkat daerah (OPD) yang memanfaatkan data kependudukan. Serta perjanjian kerjasama dengan mitra usaha.

Kang Woto mengungkapkan dengan adanya kerjasama itu menunjukkan bahwa KIA bukan hanya sekadar identitas. Namun, dapat digunakan untuk mendapatkan diskon belanja di toko yang sudah bekerjasama dengan disdukcapil. ‘’Kami berharap dengan adanya banyak kemudahan ini kesadaran masyarakat tentang data kependudukan semakin tinggi,’’ imbuhnya.

Kemudahan lain yang diberikan disdukcapil adalah penyediaan layanan pembuatan akta kelahiran secara online. Masyarakat bisa memproses serta mencetak dokumen adminduk itu di rumah tanpa harus ke kantor dispendukcapil. (ebo/bel/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

One Comment

  1. Yakin temenan, wong jelas- jelas ngurus mulai 22/08/2019 dapat surat keterangan udah habis 6 bulan jg tidak ada kabar sama sekali. Jadi ga jadi mohon kejelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close