Magetan

Layang-Layang Rusak Konduktor Listrik

PLN Temukan Puluhan Kasus

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Manuver layang-layang saat mengudara memang kerap memanjakan mata. Di sisi lain, mainan tradisional itu pula yang membuat PLN uring-uringan. Pasalnya, banyak gangguan jaringan listrik yang dipicu layang-layang.

Catatan PLN Magetan, dari total 30 kerusakan jaringan sejak Agustus lalu, 20 di antaranya disebabkan layang-layang. ‘’Selebihnya akibat pohon, binatang, dan lain-lain,’’ kata Supervisor Teknik Kantor PLN Magetan Ryan Muhammad Kamis (24/9).

Dia mengatakan, 20 kasus gangguan jaringan listrik akibat layang-layang itu tersebar di empat kecamatan. Tertinggi di Poncol. Dalam sebulan terakhir terdapat 12 kasus. Disusul Lembeyan (3), Panekan (3), dan Ngariboyo (2). ‘’Itu pun kejadian berskala besar, kalau kecil sudah tidak terhitung, hampir setiap hari,’’ ungkapnya.

Ryan menyebut, layang-layang biasanya menimbulkan kerusakan konduktor pengantar kabel dan short circuit. Sementara, biaya penggantian alat tersebut mencapai Rp 2 jutaan per unit. ‘’Dampak yang paling besar kWh listrik tidak bisa disalurkan kepada pelanggan,’’ bebernya.

Tak pelak, banyak pelanggan listrik PLN yang mengeluh. Bahkan, ada peternak ayam yang merugi jutaan hingga puluhan juta lantaran oven penghangat kandang tak bisa digunakan. ‘’Akhirnya kami minta peternak ayam membantu mengingatkan bahaya bermain layang-layang dekat jaringan,’’ tuturnya.

Manajer PLN Magetan Bambang Wahyu Sumbo Widodo menambahkan, pihaknya telah membentuk tim patroli khusus. Tim itu bertugas melakukan edukasi terkait bermain layang-layang yang aman. ‘’Kami juga gandeng perangkat desa, muspika, dan kepolisian,’’ ujarnya. (odi/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close