Advertorial

Lapak Rampung, Ekonomi Madiun Pulih

Bantu UMKM, Jadi Spot Foto dan Kuliner

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pemberdayaan UMKM menjadi cara yang ditempuh Pemkot Madiun dalam memulihkan perekonomian daerah akibat dampak pandemi Covid-19. Salah satunya meluncurkan program pembangunan lapak UMKM di setiap kelurahan. Seperti terlihat di Lapak Obor (Kelurahan Oro-oro Ombo), Bumi Semendung (Klegen), dan Joglo Palereman (Kelun) yang telah rampung pembangunannya.

Lurah Oro-Oro Ombo Imam Nurmuhhadi menjelaskan, terdapat 6 lapak, 1 gazebo, dan 1 rumah joglo di wilayahnya. Lapak tersebut dikonsep dengan bentuk segi lima sesuai dengan program yang dijalankan Wali Kota Madiun Maidi. Yakni program panca karya yang meliputi Kota Madiun pintar, melayani, membangun, peduli, dan terbuka. Tersedia berbagai macam aneka kuliner dan minuman. Ada jajanan anak-anak, makanan ringan, beraneka ragam minuman tradisional, dan juga hasil kerajinan tangan PKK, seperti tas rajut, vas bunga, dan gantungan kunci, ujarnya.

Iman menyebut meski pembangunan sudah selesai, pihaknya akan memoles beberapa sudut agar bisa dijadikan sebagai spot berswafoto. Seperti menambah aksen payung dan lampu. Hal itu dilaksanakan secara bertahap. Pun akan ada penambahan gerobak yang merupakan CSR dari pihak swasta. Lapak Obor ini selain saya konsep sebagai sarana wisata keluarga, juga sebagai lokasi event di Kota Madiun, jelasnya.

Sementara itu, Lurah Kelun Siti Karlinah juga memastikan pembangunan lapak UMKM di kelurahannya telah mencapai 100 persen. Lapak yang diberi nama Joglo Palereman tersebut memiliki 4 lapak, 4 toilet, 2 tempat wudhu, 1 musala, 2 gazebo, 1 kolam pemancingan, pringgitan, dan ruang sekretariat. ’Disediakan beragam kulineran dan jajanan tradisional. Juga menyediakan soto mini yang semangkuknya dibanderol Rp 2.000. Saya sampai ketagihan. Kulinernya lezat dan harganya terjangkau, tuturnya.

Terpisah, Lurah Klegen Yayak Muflihana pun mengatakan hal serupa. Pembangunan lapak UMKM di Kelurahan Klegen telah rampung. Lapak yang berada di lahan persawahan bengkok semendung tersebut dibangun ala kafe kekinian dengan view pemandangan sawah hijau. Saat ini pembangunannya sudah selesai. Lapak Bumi Semendung ini bakal dilewati jalur sepeda wisata yang akan dibangun Pemkot Madiun mendatang. Proses pembangunan kampung tematik pun juga sudah di tahap akhir, pungkasnya. (fit/aan/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button