Advertorial

Lapak Kelurahan Dongkrak Ekonomi

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun– Dampak ekonomi penyebaran Covid-19 terus diantisipasi Pemkot Madiun. Salah satunya melalui program pembangunan lapak Usaha Micro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di setiap kelurahan. Kelurahan Winongo misalnya, lapak di wilayah ini telah rampung pembangunannya dan di-launching, Rabu (30/12).

Lurah Winongo Agus Jatmiko menjelaskan, terdapat 10 lapak yang dibangun di lapangan Desa Winongo sebelah timur. Lapak tersebut dikonsep dengan bentuk segi lima sesuai dengan program yang dijalankan Wali Kota Madiun Maidi. Yakni program panca karya yang meliputi Kota Madiun pintar, melayani, membangun, peduli, dan terbuka. ‘’Tersedia berbagai macam aneka kuliner dan minuman. Ada jajanan anak-anak, batik, dan juga hasil kerajinan tangan PKK, seperti tas rajut dan vas bunga,’’ ujarnya.

Agus menambahkan pada 2021 mendatang akan diupayakan penambahan pendirian lapak di sisi sebelah barat lapangan. Pihaknya juga akan melengkapi dengan ornamen-ornamen seperti payung serta lampu taman untuk menambah kenyamanan pengunjung. Rencananya juga akan dibangun gazebo. Dengan lengkapnya fasilitas serta bertambahnya lapak, kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Winongo semakin terjamin karena roda perputaran ekonomi semakin berputar maksimal. ‘’Kami sangat berharap dengan adanya lapak-lapak ini kesejahteraan ekonomi yang terdampak pandemi segera naik kembali,’’ katanya.

Launching lapak UMKM dibuka langsung Wali Kota Madiun Maidi yang ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng. Pun kegiatan tersebut dihadiri tokoh masyarakat. Kegiatan yang berlangsung meriah tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan, undangan wajib memakai masker, menggunakan handsanitizer dan cuci tangan di area kegiatan. ‘’Mengintat saat ini masih pandemi, protokol kesehatan benar-benar kami terapkan,’’ tegasnya.

Wali Kota Madiun Maidi mengapresiasi launching lapak di Kelurahan Winongo tersebut. Pasalnya keberadaan lapak mampu mengerek perekonomian masyarakat. Dengan adanya lapak UMKM di setiap kelurahan, tentu akan memudahkan pelaku usaha dan juga PKL dalam memasarkan produknya. ‘’Kami berharap penambahan lapak bisa terealisasi di 2021, sehingga kesejahteraan ekonomi semakin membaik,’’ pungkasnya. (afi/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button