Advertorial

Lantik Agus Tri Jadi Kepala Dispendukcapil, Wali Kota Maidi Berharap Pelayanan Lebih Prima

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kekosongan jabatan Kepala Dispendukcapil Kota Madiun diisi. Pada Kamis (22/4) Wali Kota Maidi melantik Agus Triono dari sebelumnya sebagai sekretaris satpol pp menjadi kepala dispendukcapil. Dia menggantikan Nono Djatikusumo yang telah pensiun pada 1 Juni 2020.

Maidi mengungkapkan jabatan kepala dispendukcapil nyaris kosong setahun. Selama itu posisinya diisi oleh Asmawi sebagai pelaksana tugas (plt). ‘’Proses pengisian kepala dispendukcapil memang lama. Karena harus mendapat persetujuan dari kementerian dalam negeri,’’ katanya.

Karena itu ketika persetujuan didapat dari mendagri pada pekan lalu, proses pelantikan pejabat baru langsung dilakukan seminggu setelahnya. Dengan harapan agar program pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) bisa berjalan optimal. ‘’Jangan sampai pelayanan yang sudah prima ini, hanya karena pejabatnya kosong lama lalu jadi nggak prima lagi. Hal itu yang saya khawatirkan,’’ ujar Maidi.

Selama hampir setahun kosong tersebut, Maidi mengaku jalannya pelayanan adminduk dia pantau langsung. ‘’Soalnya di dispendukcapil itu melayani orang susah dan senang. Mulai kematian, pernikahan, kelahiran, orang cari KTP, KK dan lain sebagainya. Jadi, pelayanannya harus cepat, tepat dan tidak boleh keliru,’’ tutur mantan Sekda Kota Madiun itu.

Dia berpesan kepada pejabat terpilih untuk meningkatkan pelayanan adminduk dan melarang adanya pungutan. ‘’Dengan ini saya berharap, layanan itu makin mudah. Jadi, masyarakat tidak perlu menunggu lama dalam mendapatkan dokumen kependudukannya,’’ kata Maidi.

Sementara itu, Agus Triono, Kepala Dispendukcapil Kota Madiun terpilih berkomitmen meningkatkan pelayanan. Karena organisasi perangkat daerah (OPD) yang dipimpinnya langsung bersentuhan dengan masyarakat. ‘’Sebagaimana pesan wali kota saya diminta untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan pelayanan yang ada di dispendukcapil,’’ ujarnya.

Menurutnya, peningkatan kualitas pelayanan itu bakal ditempuh dengan menciptakan sejumlah inovasi dan langkah kreatif guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. ‘’Mindset budaya pelayanan oleh ASN di dispendukcapil nanti akan dibentuk. Sehingga bisa membahagiakan masyarakat dalam hal kepemilikan dokumen kependudukan,’’ terang mantan Sekretaris DPRD Kota Madiun tersebut. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button