Madiun

Lanjutan Jalur Pedestrian Balai Kota-Tugu Dimulai

Tebang 14 Pohon, Diganti 50 Pohon

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Penataan pedestrian Jalan Pahlawan berlanjut. Rencananya, jalur yang dijuluki Malioboro-nya Madiun itu bakal diteruskan mulai selatan balai kota hingga Perempatan Tugu. Pekerjaan diawali penebangan pohon bertahap di sepanjang  ruas jalan tersebut.

Kabid Pertamanan, Pemakaman, dan Penerangan Jalan Umum Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun Jumakir mengatakan mulai menebang pohon dua hari terakhir. Itu sebelum pekerjaan fisik jalur pedestrian dimulai organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. ‘’Mulai selatan Jalan Perintis Kemerdekaan hingga Perempatan Tugu,’’ katanya Kamis (20/2).

Pihaknya telah menebang 11 pohon. Mulai selatan balai kota hingga Rumah Sakit Tentara (DKT). Selanjutnya berlanjut hingga Perempatan Tugu. ‘’Tahap pertama mulai dari depan Matahari (Plaza Madiun, Red),’’ ujarnya.

Rata-rata pohon yang ditebang berukuran cukup besar. Sehingga, harus dilakukan bertahap. Tidak dapat dilakukan sembarangan. Sebab, sepanjang jalur tersebut merupakan pusat perekonomian. Harus mempertimbangkan risiko pengguna jalan serta bangunan di sekitarnya. ‘’Tetap kami pasang rambu peringatan,’’ ungkapnya.

Tahap kedua, ada tiga pohon berukuran besar yang akan ditebang. Selanjutnya pekerjaan fisik menjadi ranah dinas pekerjaan umum dan tata ruang (DPUTR) setempat. ‘’Tapi bukan berarti pekerjaan kami selesai. Ada pekerjaan lagi selama DPUTR mengerjakan pembangunan fisiknya,’’ sambung Jumakir.

Sesuai aturan yang berlaku untuk pemerintah dan warga, penebangan harus mengantongi izin. Itu diatur dalam Perda 18/2018 tentang Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau. Pelanggaran terancam denda maksimal Rp 50 juta. ‘’Harus diganti pohon yang baru,’’ tuturnya.

Untuk itu, pihaknya menyiapkan 50 batang pohon bungur sebagai pengganti di sepanjang jalur tersebut. Rentang satu pohon dengan lainnya 2,5 meter untuk memenuhi unsur estetika. Mulai depan Plaza Madiun sampai depan Plaza Telkom. ‘’Untuk Plaza Telkom ke selatan sudah kami tanami,’’ terangnya.

Pihaknya juga menyiapkan lampu penerangan jalan umum (PJU) artistik persis dengan PJU yang terpasang di depan balai kota. Jumlahnya diperkirakan 50 unit dengan jarak mencapai lima meter. ‘’Menyesuaikan dengan penataan jalur pedestrian depan balai kota,’’ pungkasnya. (kid/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close