News

Lama Permainan Bola Basket Ditentukan Dengan

×

Lama Permainan Bola Basket Ditentukan Dengan

Share this article

Lama Permainan Bola Basket Ditentukan Dengan – Bola basket adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Dalam pertandingan bola basket, mengetahui lama atau lamanya permainan merupakan hal yang sangat penting. Lamanya suatu permainan bola basket ditentukan dengan menggunakan beberapa aturan dan waktu yang telah ditentukan. Penjelasan lengkapnya diberikan di bawah ini.

Permainan bola basket dibagi menjadi beberapa quarter atau babak. Sebuah permainan bola basket profesional biasanya terdiri dari 4 quarter yang setiap quarternya mempunyai batas waktu yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah tenggat waktu untuk setiap kuartal:

Lama Permainan Bola Basket Ditentukan Dengan

Selain kuarter, jeda juga diberikan antara babak pertama dan kedua serta antara babak ketiga dan keempat. Waktu istirahat biasanya 15 menit.

Aturan Dasar Permainan Bola Basket

Jika kedua tim memiliki poin yang sama di akhir waktu reguler, pertandingan akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Perpanjangan waktu untuk pertandingan level NBA adalah 5 menit. Jika skor masih tetap sama setelah perpanjangan waktu, maka akan diberikan perpanjangan waktu tambahan sesuai aturan yang berlaku.

Pemenang permainan bola basket ditentukan oleh total poin di akhir permainan. Jika suatu tim mencetak poin lebih banyak dari tim lain di akhir pertandingan, tim itu menang.

Jika skor imbang setelah regulasi dan perpanjangan waktu, perpanjangan waktu tambahan akan dimainkan hingga satu tim unggul. Waktu tambahan ini biasanya 2 menit atau 5 menit.

Untuk permainan bola basket tingkat amatir yang sering dimainkan di sekolah atau komunitas, waktu permainan biasanya berbeda dengan permainan tingkat profesional. Level pemula bisa mengatur durasi per kuartal, namun biasanya berkisar antara 8-12 menit.

Pdf) Upaya Peningkatan Karakter Siswa Sma Dalam Permainan Bola Basket Melalui Model Tpsr

Waktu istirahat antar triwulan dapat diatur sesuai kebutuhan namun biasanya antara 10-15 menit. Begitu pula jangka waktu perpanjangannya dapat disesuaikan dengan aturan yang ditetapkan penyelenggara.

Umumnya lamanya suatu permainan bola basket ditentukan oleh peraturan permainannya. Segala sesuatu mulai dari lamanya kuarter, waktu istirahat, waktu tambahan diatur dengan cermat dan persaingan berlangsung adil dan sesuai aturan.

Dengan mengetahui durasi pertandingan bola basket dan aturan mainnya, kita bisa lebih memahami betapa pentingnya waktu dalam permainan ini. Tentu saja isu ini juga menambah keseruan menonton pertandingan bola basket.

Situs berita dan informasi terkini hari ini. Kami menyediakan berita dan informasi teknis terkini – Pertandingan bola basket pada dasarnya berdurasi 4 x 10 menit. Aturan lama permainan ini sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan FIBA ​​​​sebagai federasi bola basket terbesar di dunia.

Ukuran Lapangan Basket Nasional & Internasional, Beserta Gambar

Namun aturan tersebut berlaku untuk salah satu liga bola basket paling bergengsi di dunia di Amerika Serikat, National Basketball Association atau lebih dikenal dengan NBA. Pada permainan NBA ini lama permainan bola basket adalah 12 x 4 menit.

Baca Juga  Lari Naik Turun Bukit Merupakan Bentuk Latihan Untuk Meningkatkan

Banyak orang menyukai peraturan tersebut karena mereka dapat menyaksikan atlet NBA memasukkan bola ke dalam ring lawan. Misalnya saja beberapa pemain tersebut adalah Michael Jordan dan Shaquille O’Neal.

Sedangkan dibandingkan kedua peraturan tersebut, National Collegiate Athletic Association atau disingkat NCAA dari Amerika Serikat memiliki peraturan bola basket yang lebih tua.

Menurut NCAA di Amerika, durasi permainan bola basket diperbolehkan menjadi dua bagian yang masing-masing berdurasi 20 menit.

Peraturan Bola Basket

Dalam turnamen bola basket internasional, aturan durasi pertandingan bola basket biasanya mengikuti standar FIBA. Misalnya saja FIBA ​​World Cup, FIBA ​​​​Asia Cup, Basketball Champions League dan berbagai kompetisi internasional lainnya.

Selain itu, dalam permainan bola basket juga terdapat jeda antar babak atau biasa disebut dengan halftime. Waktu istirahat yang digunakan FIBA ​​adalah 2 menit pada ronde 1, 2, dan 3-4. Sedangkan timeout dalam pertandingan NBA biasanya mencapai 130 detik antar kuarter.

Selain itu, terdapat jeda 15 menit untuk kedua babak, yakni peralihan dari babak kedua ke babak ketiga. Aturan ini diterapkan secara bersamaan dengan tujuan memberikan waktu istirahat yang cukup bagi kedua tim. Kembangkan strategi putaran berikutnya.

Meskipun ada tiga versi peraturan bola basket yang lama, ketiga institusi tersebut tetap sama di akhir permainan.

Juknis Basket 3 On 3

Jika skor imbang pada akhir waktu yang ditentukan, perpanjangan waktu atau perpanjangan waktu akan dimainkan untuk menentukan tim pemenang. Perpanjangan waktu ini biasanya dilakukan dengan mengirimkan bola melewati jump ball.

Namun, kedua tim bermain imbang di penghujung perpanjangan waktu. Aturan dan ketentuan yang sama kemudian akan berlanjut seiring berjalannya waktu hingga terlihat perbedaan atau selisih poin antara kedua tim.

Oleh karena itu, baik versi FIBA, NBA, dan NCAA memiliki waktu yang sama, yaitu 5 menit atau 1 dalam 5 menit net.***

Membuang Image Idol Imut, Park Ji-hoon Bertingkah Memesona Dalam Lagu Cinta Ajaib, Ini Profil Member Wanna One. Bola basket adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain utama dan tujuh pemain cadangan. Tujuan permainan ini adalah memasukkan bola ke dalam keranjang lawan sebanyak-banyaknya dan mencegah hal tersebut terjadi.

Peraturan Olahraga Bola Basket: Peralatan, Jalannya Permainan Dan Pelanggaran

Permainan bola basket dibagi menjadi empat bagian atau quarter. Durasi setiap kuartal tergantung pada kompetisi yang terlibat. Menurut Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), durasi setiap kuarter adalah 10 menit. Sedangkan menurut National Basketball Association (NBA), setiap kuarter berdurasi 12 menit.

Baca Juga  Jelaskan Asas-asas Pemilu Di Indonesia

Ada jeda dua menit (FIBA) atau 130 detik (NBA) antara kuarter pertama dan kedua serta kuarter ketiga dan keempat. Jeda antara kuarter kedua dan ketiga adalah 10 menit. Jika pada akhir kuarter keempat skor kedua tim masih imbang, maka akan dilakukan perpanjangan waktu atau perpanjangan waktu. Waktu tambahan adalah 5 menit.

Oleh karena itu, jika tidak ada perpanjangan waktu, total durasi permainan bola basket adalah 40 menit (FIBA) atau 40 menit (NBA). Jika terjadi perpanjangan waktu, total waktu pertandingan bola basket bisa mencapai 220 (FIBA) atau 264 (NBA) menit.

Ada beberapa sistem pertarungan bola basket yang biasa digunakan di berbagai turnamen. Di bawah ini adalah beberapa sistem turnamen bola basket dan cara menjalankannya.

Empat Pemain Nba Yang Bisa Menjadi Pemenang Liga Bagi Mereka Yang Mengejar Gelar

Knockout adalah sistem turnamen di mana kontestan yang kalah pada babak sebelumnya tidak berhak mengikuti babak berikutnya. Pemenang vs. pemenang, dan kontestan yang tidak terkalahkan memenangkan tempat pertama. Keuntungan metode eliminasi adalah menghemat waktu dan uang. Kelemahan sistem eliminasi adalah kontestan yang sama kuatnya dapat bertemu di babak penyisihan dan kontestan yang melaju ke babak selanjutnya belum tentu tergolong kontestan sukses.

Sistem semi-balapan adalah suatu bentuk kompetisi di mana setiap kontestan harus bersaing dengan kontestan lain sebanyak satu kali. Pemenang ditentukan oleh jumlah kemenangan atau selisih poin. Keuntungan dari babak semi final adalah semua kontestan mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi juara. Kelemahan sistem semikompetitif adalah membutuhkan banyak waktu dan biaya.

Sistem multiple knockout merupakan sistem pertandingan yang merupakan gabungan antara sistem knockout dan sistem semi knockout. Kontestan yang kalah pada babak sebelumnya masih berhak mengikuti babak berikutnya, namun hanya bisa finis ketiga atau keempat. Pemenang vs. pemenang, dan kontestan yang tidak terkalahkan memenangkan tempat pertama. Keuntungan dari sistem multiple knockout adalah memberikan kesempatan kedua bagi kontestan yang kalah. Kerugian dari metode multiple knockout adalah membutuhkan lebih banyak waktu dan uang dibandingkan metode knockout.

Sistem pool adalah sistem kompetisi yang menentukan berapa grup atau pool yang dibagi para kontestan. Setiap tim menggunakan sistem semi final untuk menentukan pemenang tim. Pemenang tim kemudian bertanding menggunakan sistem eliminasi untuk menentukan juara umum. Keuntungan sistem pool adalah mengurangi jumlah pertandingan dan meningkatkan kualitas pertandingan. Kelemahan dari sistem pool adalah memerlukan undian untuk membagi kelompok.

Baca Juga  Memahami Dan Menghargai Perbedaan Jumlah Bilangan Rakaat

Aturan Time Out Dalam Pertandingan Olahraga Bola Basket

Round robin adalah sistem kompetisi di mana setiap kontestan harus bersaing dengan kontestan lain sebanyak dua kali, satu kali sebagai tuan rumah dan satu kali lagi sebagai tamu. Pemenang ditentukan oleh jumlah kemenangan atau selisih poin. Keuntungan dari sistem bergilir adalah lebih adil dan obyektif dibandingkan sistem kompetisi parsial. Kelemahan sistem rotari adalah membutuhkan banyak waktu dan biaya.

Ada beberapa aturan dasar yang harus dipatuhi oleh semua peserta permainan bola basket. Berikut peraturan permainan bola basket dan penjelasannya :

Jump ball atau bola lompat merupakan salah satu cara untuk memulai permainan bola basket. Dua pemain dari tim berlawanan berdiri di tengah lingkaran lapangan dan wasit melempar bola di antara mereka. Pemain yang dapat menyentuh bola terlebih dahulu mengoper bola kepada rekan setimnya.

Tidak ada batasan untuk mengganti pemain kunci dengan pemain cadangan. Wasit boleh diganti jika terdengar peluit, lemparan bebas, atau batas waktu. Pemain pengganti harus melapor ke meja wasit sebelum memasuki lapangan.

Kumpulan Soal Uh 1 Dan 2

Foul adalah suatu tindakan yang melanggar peraturan permainan bola basket. Ada beberapa pelanggaran termasuk pelanggaran bepergian, pelanggaran menggiring bola ganda, pelanggaran di luar batas, pelanggaran menembak, pelanggaran menendang, pelanggaran memukul, dll. Jika terjadi pelanggaran, penguasaan bola diberikan kepada tim lawan.

Personal foul adalah tindakan fisik terhadap pemain lawan. Ada berbagai jenis pelanggaran pribadi, seperti mendorong, menarik, memblokir, menabrak, menyikut, dll. Jika terjadi pelanggaran pribadi, pemain yang melanggar menerima lemparan bebas terhadap pemain lawan.

Free throw merupakan hak lawan untuk melemparkan bola ke dalam keranjang tanpa adanya gangguan. Lemparan bebas diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran pribadi saat melakukan tembakan ke keranjang atau ketika tim lawan telah mencapai batas pelanggaran maksimum dalam satu kuarter. Jumlah lemparan bebas tergantung pada jenis pelanggaran.

Permainan bola basket dapat dimainkan dalam jangka waktu yang berbeda-beda tergantung pada kompetisi yang terlibat. permainan basket

Pdf) Analisis Latihan Speed, Agility, And Quickness (saq) Terhadap Kecepatan Berlari Atlet Dalam Permainan Bola Basket

Untuk memulai permainan bola basket diawali dengan, ukuran lapangan permainan bola basket ditentukan oleh, lama permainan bola voli ditentukan oleh, lama waktu permainan bola voli ditentukan oleh, permulaan permainan bola basket ditandai dengan, lama permainan softball ditentukan dengan, lama permainan tenis meja ditentukan dengan, permainan bola basket dimulai dengan, keberhasilan suatu regu bola basket dalam pertandingan ditentukan oleh, permainan bola basket diawali dengan melakukan, lama permainan bola basket, lama permainan bola basket ditentukan oleh