Madiun

Laka Truk Pertamina, Kernet Sebut Rem Blong, Polisi Duga Sopir Ngantuk

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Truk tangki Pertamina B 9240 SFV terbalik di kebun depan rumah warga. Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tunggal itu terjadi di Jalan Madiun-Surabaya masuk Desa Jerukgulung, Balerejo, sekitar pukul 16.30 pada Kamis (28/5). ‘’Sopir merasa tiba-tiba remnya hilang,’’ kata kernet truk Yuda Prasetyawan, 35, warga Desa Carat, Kauman, Ponorogo.

Sopir truk, Dateng Triono, 43, warga Desa Pucanganom, Kebonsari, syok pasca kejadian. Sopir dan kernet beruntung. Sebab, truk bermuatan 16 ribu liter solar itu telentang. Bagian atas kepala truk ringsek usai terjun dari badan jalan setinggi sekitar tiga meter. ‘’Dari Madiun (Depo Pertamina) mau ke SPBU Klitik (Wonoasri, Kabupaten Madiun),’’ ungkap Yuda.

Yuda menduga truk mengalami rem blong. Sebelumnya sempat menghindari truk dari arah berlawanan. Truk tangki yang melaju dari barat itu sempat berupaya menghindari tabrakan. ‘’Ada truk masuk dari timur, kami buang ke kiri, tiba-tiba remnya hilang. Akhirnya seperti ini,’’ ujarnya.

Detik-detik laka lantas tunggal itu sempat terekam video pengendara di belakang truk. Dalam video amatir tersebut, laju truk tangki tidak beraturan. Zig-zag seperti hendak mendahului satu motor dan truk di depannya. Sejurus kemudian, truk tangki keluar badan dan terbalik. Video amatir detik-detik laka tunggal itu ditayangkan di YouTube RadarMadiunTV.

Setelah kernet dan sopir truk tangki keluar dari ruang kemudi menuju teras rumah warga, Kanitlaka Satlantas Polres Madiun Ipda Nanang Setyawan bersama anak buahnya tiba ke lokasi kejadian. Warga yang berkerumun diminta menjauhi truk lantaran dikhawatirkan terjadi ledakan. Sebab, muatan truk tidak lain bahan bakar. ‘’Sopir dan kernet hanya luka ringan,’’ sebut Nanang.

Olah TKP pun dilakukan. Sebelum terjun dan terbalik, truk sempat menabrak sejumlah patok pembatas jalan. Jarak dari titik tumbur pertama hingga kendaraan berhenti kurang lebih 13 meter. ‘’Hasil olah TKP, diduga pengemudi mengantuk. Truk oleng dan keluar badan jalan. Terjun dari ketinggian sekitar tiga meter lalu terbalik,’’ ungkapnya sembari menyebut evakuasi akan dilakukan setelah muatan solar dipindahkan. (den/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button