NgawiPeristiwa

Lagi, Tewas Kesetrum Jebakan Tikus

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Lagi-lagi senjata makan tuan. Suwito, 59, warga Dusun Sambirejo, Desa Gelung, Paron, ditemukan tewas kesetrum jebakan tikus. Korban ditemukan terbujur kaku di sawahnya yang berjarak sekitar 1 kilometer dari rumahnya Senin pagi (20/4).

Kapolsek Paron Iptu Suyitno mengatakan, sekitar pukul 05.30 korban pamit pergi ke sawah untuk mematikan genset pemasok aliran listrik pada jebakan tikus. Setengah jam berselang, adik kandungnya, Katmono, 43, mendapati Suwito tergeletak di pinggir sawah. ‘’Saat berusaha menolong dengan mengangkatnya, ternyata tubuh korban masih teraliri listrik,” ungkap Suyitno.

Beruntung, Katmono berhasil melepaskan diri dan menjauh dari tubuh korban sebelum akhirnya pingsan. Warga lainnya yang tiba di lokasi langsung membawanya ke Puskesmas Paron. ‘’Beruntung nyawanya berhasil diselamatkan. Sedangkan Suwito meninggal di TKP (tempat kejadian perkara, Red),’’ ujar kapolsek.

Hasil pemeriksaan, Suwito mengalami luka bakar di pipi kanan sepanjang 15 sentimeter akibat sengatan listrik. Selai itu, ditemukan luka lecet di tangan kanan. ‘’Dugaan sementara, korban terpeleset dan tubuhnya mengenai kawat beraliran listrik,’’ bebernya sembari menyebut keluarga korban menerima kejadian tersebut sebagai musibah dan menolak untuk dilakukan otopsi.

Petugas, lanjut dia, juga mengamankan satu unit genset 1.150 volt dan satu gulungan kawat sebagai barang bukti. Selain itu, memintai keterangan warga sekitar terkait pemasangan jebakan tikus beraliran listrik tersebut. ‘’Kami menyayangkan, meskipun sudah banyak korban, masih banyak petani yang menggunakannya,’’ ucap Suyitno.

Sejatinya sudah ada larangan penggunaan jebakan tikus beraliran listrik. Pun, warga yang nekat menggunakannya dapat dikenai saksi pidana. Namun, banyak yang tidak mengindahkan larangan itu dan berdalih lebih efektif memberantas hama tikus. ‘’Kami akan intensifkan patroli dan sosialisasi,’’ pungkasnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close