Madiun

Lagi, Seorang Nakes RSUD dr Soedono Berpulang

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Para tenaga medis tanpa henti mengingatkan masyarakat segera vaksin dan tetap disiplin protokol kesehatan (prokes). Imbauan itu bukan sekadar kampanye. Berpulangnya satu tenaga kesehatan (nakes) RSUD Soedono Madiun (RSSM) patut jadi pembelajaran. Handri Susanto, nakes yang telah mengabdi 11 tahun di ruang recovery, wafat 16 Juli lalu setelah dua hari menjalani perawatan di intensive care unit (ICU) Covid-19.

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSSM Sjaiful Anwar mengatakan, berpulangnya nakes itu membuat keluarga besar RSSM terpukul. Handri bergejala batuk dengan hasil swab test konfirmasi 14 Juli lalu. Penyakit penyerta semakin memperburuk kondisi kesehatan Handri. Almarhum sempat cuci darah (hemodialisis) saat isolasi. ‘’Nakes risiko tertinggi terpapar, komorbid menjadi penyebab risiko kematian,’’ kata Sjaiful, Selasa (20/7).

Tahun ini dua nakes RSSM wafat karena Covid-19. Sebelumnya, Imam Pangardi meninggal 10 Februari lalu. Karena itu, Sjaiful mengajak seluruh masyarakat segera vaksin. Sehingga herd immunity atau kekebalan kelompok segera terbentuk. Setidaknya itu dapat melindungi orang-orang dengan penyakit penyerta di sekeliling kita. ‘’Vaksin ini sifatnya membantu penyembuhan, bukan berarti bebas dari infeksi korona,’’ ujarnya.

Sjaiful membeber, saat ini sekitar 100 nakes maupun tenaga medis tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) setelah dinyatakan konfirmasi Covid-19. Jumlah itu akumulasi dua bulan belakangan. Juni lalu 57 kasus. Perinciannya, delapan dokter, 25 perawat, tiga bidan, tujuh penunjang, tiga nonmedis, dan 11 tenaga administrasi.

Sedangkan bulan ini karyawan RSSM yang terkonfirmasi mencapai 89 orang. Dengan perincian enam dokter, 30 perawat, 14 bidan, 18 penunjang, 10 nonmedis, dan 11 tenaga administrasi. Dari total itu yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 46 orang. ‘’Tak henti-hentinya kami ingatkan tetap disiplin prokes,’’ tegas Sjaiful. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button