Ponorogo

Laboratorium SMP International Boarding School Ponorogo Terbakar

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Bisa jadi hubungan pendek arus listrik kembali menjadi kambing hitam kebakaran laboratorium SMP International Boarding School (IBS) 1 Muhammadiyah kemarin sore (25/7). Kendati sekolah yang berada di Jalan Puspowarno, Kelurahan Mangkujayan, Ponorogo, itu sepi aktivitas cukup lama bersamaan siswanya menjalani pembelajaran jarak jauh. Pun, para guru jarang-jarang datang ke sekolah. ‘’Penyebabnya masih belum jelas karena tidak ada saksi mata di lokasi,’’ kata Aminoto, komandan regu (Danru) Pemadam Kebakaran Ponorogo.

Laboratorium berukuran sekitar 3×4 meter itu terpisah dari gedung utama. SMP IBS 1 Muhammadiyah selama ini mengunggulkan program penguasaan teknologi informasi. Selain penguasaan bahasa Arab dan Inggris. Laboratorium bercat biru itu kini tinggal menyisakan puing. Api juga sempat menjilat sepeda motor roda tiga yang terparkir di dekat laboratorium. ‘’Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 14.45,’’ ungkap Aminoto.

Dua unit mobil pemadam kebakaran sengaja dikerahkan ke lokasi. Butuh waktu sekitar satu jam untuk menjinakkan amuk si jago merah itu. Aminoto mengaku kali pertama mendapat kabar dari Suko Kartono, kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Ponorogo, tentang kebakaran di SMP IBS 1 Muhammadiyah. Tanpa buang waktu, petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi. ‘’Angin bertiup cukup kencang, bangunan dengan mudah terbakar. Apalagi lebih banyak berbahan kayu,’’ terang Aminoto.

Dia sempat bertanya ke penjaga sekolah apakah membakar sampah hingga api merembet ke laboratorium. Penjaga menduga api berasal dari korsleting lantaran lampu yang jarang dipadamkan. Aminoto memperkirakan kerugian materiil yang timbul dari kebakaran di SMP IBS 1 Muhammadiyah senilai Rp 100 juta. (mg7/c1/hw)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button