Ngawi

Laboratorium PCR Ngawi Kurang Tempat Hazmat dan Pintu Otomatis

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Keberadaan alat polymerase chain reaction (PCR) di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Ngawi belum siap dioperasikan. Pasalnya, terdapat sejumlah prasarana yang belum lengkap sesuai saran tim visitasi. ‘’Bukan bersifat dasar, tapi hanya tambahan agar laboratorium PCR lebih sempurna,’’ kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Labkesda Ngawi Sutarto, Jumat (26/3).

Tim visitasi terdiri lima orang dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya. Mereka meminta tempat khusus menaruh hazmat, tanda larangan masuk laboratorium, memasang alarm dan pintu otomatis, serta kamera pengawas. ‘’Semuanya sudah kami penuhi. Tinggal pasang CCTV hari ini (kemarin, Red),’’ ungkapnya.

Sutarto menerangkan, alarm bermanfaat bagi petugas di ruang laboratorium. Ketika terjadi sesuatu, pengelola sampel dengan alat pelindung diri (APD) itu tidak bisa langsung keluar ruangan. ‘’Kalau di dalam butuh sesuatu tinggal menekan alarm,’’ ujarnya. (mg3/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close