Ponorogo

Kurma Ajwa Bersemai di Pekarangan Budijono

Buah Tangan Kerabat Itu Berhasil Tumbuh Lebat

Sampai kini Budijono masih tak percaya. Pohon kurma ajwa tumbuh dan berbuah di halaman rumahnya di Plosojenar, Somoroto, Kauman. Meski hanya satu pohon yang berhasil dibudi daya, keuntungan belasan juta rupiah mengalir ke kantong pria 64 tahun tersebut.

_________________________

MIZAN AHSANI, Ponorogo, Jawa Pos Radar Ponorogo

POHON bernama latin Phoenix dactilyfera itu semula buah tangan dari kerabat Budijono. Bibit pohon yang masih satu famili dengan palem itu lantas ditanam di halaman rumahnya. ‘’Ada 15 biji, saya semai semua. Setelah dua tahun, biji-biji itu ternyata bisa tumbuh. Tapi sekarang yang bertahan hanya satu,’’ ceritanya.

Senin (13/1) Budijono mengajak Jawa Pos Radar Ponorogo melihat pohon kurma ajwa miliknya. Satu pohon yang masih bertahan itu tingginya sekitar tiga meter. Buahnya menggantung, terbagi dalam sembilan janjang (seperti buah pisang yang berbuah dalam beberapa tandan). ‘’Saya sendiri juga heran. Setelah belasan tahun, mulai berbuah tiga tahun lalu,’’ kata dia.

Tidak ada perlakuan khusus dalam merawatnya. Hanya diberi pupuk seadanya secara berkala. Dan disiram air dalam waktu tertentu. ‘’Perawatan khusus lainnya mungkin hanya pemasangan jaring supaya tidak diserang kelelawar dan hewan lain,’’ imbuh Budijono.

Sejak tiga tahun lalu, Budijono seolah mendapat rejeki nomplok. Kurma ajwa berbuah setahun sekali. Setiap janjang, berat buah yang bisa dipanen mencapai 15 kilogram. Per kilogramnya bisa dihargai Rp 150 ribu dalam kondisi kering. Rentengan satu ons dijual Rp 15 ribu. Tahun lalu, keuntungan dari satu pohon kurma tembus Rp 19 juta. ‘’Berat buah per janjangnya tidak selalu sama,’’ sebutnya.

Pembeli yang datang ke rumahnya tak hanya dari Ponorogo. Sejak tiga hari lalu, rumah Budijono mulai ramai kembali. Banyak yang dari luar kota memaksa membeli karena mengaku sangat butuh. ‘’Ada yang mencarinya untuk program kehamilan,’’ ujarnya. *** (fin/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close