Advertorial

Kurban ala Bold Riders Madiun, Riding Hingga Berkolaborasi dengan Karang Taruna

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Bold Riders Madiun kompak untuk melakukan kegiatan kurban pada momen Idul Adha 1442 H. Lima komunitas motor di Madiun yaitu, MCN, CCI Madiun, CNM, R15 Club Madiun, dan Kracker Romawi melakukan kegiatan tersebut dengan cara masing-masing.

Koordinator Bold Riders Madiun Paulus Susanto menjelaskan MCN yang memiliki base camp di Madiun melakukan penyembelihan hewan kurban di Magetan. Mereka melakukan riding menuju lokasi penyembelihan yang berjarak sekitar 20 km. Rolling city sejauh 25 km juga dilakukan CCI Madiun yang melakukan kegiatan kurban di Ngawi. Sementara itu, CNM menggelar pemotongan hewan kurban di rumah ketua mereka di Magetan.

Dua komunitas motor lainnya, R15 Club Madiun serta Kracker Romawi Region Magetan dan Ngawi mengadakan kegiatan kurban berkolaborasi dengan karta. R15 Club Madiun bergabung dengan Karta Kompak. Sementara Kracker Romawi Region Magetan berbagi kurban bersama dengan Karta Satria Ngiliran. Dan, Kracker Romawi Region Ngawi berkolaborasi dengan Karta Radjiman.

‘’Sebagian dari Bold Riders memang sengaja melakukan kegiatan bareng dengan karang taruna. Ini dilakukan untuk lebih mengakrabkan mereka. Dalam kegiatan yang dilakukan Bold Riders ini, total terdapat 145 paket yang dibagikan untuk warga,’’ jelas Paulus Susanto, Sabtu (24/7).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema “KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama”.

Program sosial ini melibatkan 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota. Namun dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas yang berasal dari berbagai hobi, profesi dan pekerjaan ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 ekor kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Kegiatan oleh Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan kepada masyarakat di 42 kota.

Tebar paket daging kurban inisiatif Kolaborasi KITA 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program yang melibatkan berbagai komunitas top seperti Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya, rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak. sedangkan rekor muri kedua merupakan donor darah oleh karang taruna terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri” yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (*/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button